Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perkembangan E-Learning di Indonesia

Perkembangan E-Learning di Indonesia_

Perkembangan E-Learning di Indonesia - Kebutuhan negara untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas pelayanan sumber daya manusia melalui pendidikan tidak diragukan lagi akan tekanan yang berlanjut pada permintaan untuk e-learning, sebagai generasi kelima terbuka dan pembelajaran jarak jauh (ODL). Faktor tambahan yang beroperasi di negara-negara transisi frequesntly adalah peningkatan pesat dari populasi. Pencari Indonesia dan Asia Tenggara untuk biaya cara yang efektif dan efisien untuk menyediakan akses ke pendidikan pada semua jenjang selanjutnya akan membuat tuntutan lebih pada onepn dan jarak model pembelajaran (Jegede & Shive, 2001). Banyak orang Indonesia terus hidup di daerah pedesaan dan terpencil dan memiliki Demant signifikan untuk pendidikan, yang belum terpenuhi. Banyak Indonesia masih menghadapi ekonomi, geografis, serta kendala waktu untuk berpartisipasi dalam pendidikan konvensional formal. Di sisi lain, visi baru dari sistem pendidikan nasional telah menantang pendidikan tinggi untuk menyediakan pendidikan berkualitas untuk semua, dan untuk meningkatkan tingkat partisipasi dari 14,2% pada tahun 2005 menjadi 35% pada tahun 2025.

Dalam konteks perubahan teknologi yang cepat dan pergeseran pasar dan kondisi ekonomi, pendidikan tinggi ditantang untuk memberikan kesempatan pendidikan yang meningkat tanpa manfaat dari peningkatan alokasi anggaran. Banyak instiutions pendidikan yang menjawab tantangan ini dengan terlibat dalam program pembelajaran terbuka dan jarak jauh (Bates, 2000), lebih lanjut dalam inisiatif e-learning. Dengan kemajuan ICT yang menawarkan pembelajaran yang efektif dan efisien mendukung di semua tingkat pendidikan dan dalam semua bidang pengetahuan, manifestasi lain yang muncul perkembangan percepatan berbasis ICT terbuka dan pembelajaran jarak jauh, yaitu, e-learning di seluruh bagian dunia (Khan, 2002).

E-learning dipandang sebagai yang paling layak, murah, dan "mudah" mode pendidikan yang dapat membuka akses pendidikan bagi banyak siswa. E-learning juga dianggap mampu memberikan orang dewasa dengan kesempatan lain untuk pendidikan, sementara mencapai orang-orang yang kurang beruntung dibatasi oleh waktu, jarak, atau cacat, dan hampir memperbarui basis pengetahuan pekerja di tempat kerja mereka (Churton, 2006) . Di Indonesia, e-learning telah mendapatkan popularitas sejak awal tahun 2000, yang jika dirancang dengan baik dan kualitatif dapat memberikan kesempatan dan akses terhadap pendidikan yang berkualitas dalam skala lokal, nasional, dan global.

Tulisan ini akan melihat gambaran inisiatif e-learning dalam pendidikan tinggi di Indonesia. Beberapa inisiatif e-learning akan dieksplorasi, dan hasil inisiatif tersebut akan digambarkan. Beberapa kekhawatiran dan pertimbangan lanjut pada pengembangan berbasis ICT ODL di Indonesia juga akan dibahas.

Kebijakan ODL di Indonesia: Bergerak Menuju E-learning
Di Indonesia, pendidikan jarak jauh dimulai pada tahun 1950-an. Ini pertama kali terlihat sebagai alternatif pendidikan untuk mempersiapkan guru melalui kursus korespondensi. Namun demikian, peluncuran Universitas Terbuka (UT) - sebuah universitas pendidikan jarak jauh - pada tahun 1984 ditandai popularitas pendidikan jarak jauh di Indonesia.

Sifat besar dan penerapan skala ekonomi dalam pendidikan jarak jauh telah menarik banyak pendidikan tinggi untuk masuk ke bisnis pendidikan jarak jauh. Klaim yang dibuat oleh universitas berbagai, antara lain, mereka mencoba yang terbaik untuk memasukkan ICT dalam praktek pendidikan mereka untuk dapat menawarkan pendidikan berkualitas di seluruh ruang dan waktu, sehingga melayani siswa miskin di daerah perkotaan terpencil dan mereka menawarkan pendidikan dengan harga terjangkau, serta untuk menerapkan ICT dalam kombinasi yang tepat dengan kelas berbasis pengajaran tradisional tatap muka dan pembelajaran

Sama seperti banyak inovasi lainnya dalam pendidikan, kadang-kadang ulangan yang dibuat berdasarkan aspek tangible, tanpa pemahaman yang cukup dari asumsi yang mendasari tidak berwujud dan philopsophy. Hal ini berlaku dalam kasus pendidikan jarak jauh. Beberapa lembaga menerjemahkan pembelajaran jarak jauh sebagai kelas jarak jauh. Beberapa universitas melihat pendidikan jarak jauh sebagai menawarkan setumpuk catatan kuliah dan buku teks bagi siswa untuk membaca sendiri, sampai waktu ujian datang. Masih universitas lain menerjemahkan pembelajaran jarak jauh seperti di modus e-learning kampus, dimana siswa didorong untuk mengambil peran aktif dalam pembelajaran mereka sendiri dan menjadi otonom, oleh ascessing bahan pembelajaran yang tersedia di web atau di internet, dan guru juga diharapkan untuk menggunakan web atau internet untuk menyimpan kuliah mereka dicatat, dan atau untuk mencari referensi. Interaksi tatap muka antara guru dan siswa bertekad untuk tetap seperti dulu. Ini modus pembelajaran jarak jauh diterapkan oleh beberapa perguruan tinggi swasta yang telah berinvestasi di ICT untuk mempersiapkan siswa untuk menjadi warga dunia.

Pada tahun 2001 pemerintah mengumumkan peraturan baru untuk sistem pendidikan yang lebih tinggi, mengenai modus pendidikan jarak jauh. Peraturan baru memungkinkan universitas konvensional untuk menawarkan beberapa program atau kursus memanfaatkan modus belajar jarak jauh mereka. Mereka menerapkan dual mode dalam pembelajaran kegiatan belajar mengajar, konvensional dan jarak. Namun, peraturan baru ini juga menyatakan dengan jelas bahwa hanya pendidikan jarak jauh berbasis ICT diperbolehkan untuk mendapatkan review dan evaluasi untuk persetujuan.

Peraturan ini telah dikonfirmasikan lebih lanjut dengan undang-undang baru tentang sistem pendidikan nasional menyatakan bahwa pembelajaran terbuka dan jarak merupakan salah satu sistem pendidikan yang digunakan di Indonesia. Undang-undang baru memang memberikan jawaban untuk situasi sekarang akses yang tidak seimbang antara daerah-daerah terpencil dan pusat di Indonesia untuk staf akademik berkualitas, dan rendahnya rasio siswa dalam pendidikan tinggi untuk setiap 100.000 penduduk di Indonesia. Masalah ekuitas, dalam hal ini, dapat diatasi dengan undang-undang baru yang memungkinkan perluasan sistem pendidikan tinggi yang ada untuk lebih banyak akses untuk mempromosikan pemerataan di tingkat lokal, regional, dan nasional. Dalam hal ini, TIK berbasis terbuka dan pembelajaran jarak jauh dipandang dapat memberikan jawaban atas kedua akses serta tantangan ekuitas. Sejauh ini, telah ada banyak inisiatif dimulai oleh pemerintah maupun oleh swasta dalam membangun infrastruktur ICT untuk pendidikan, dan pada saat yang sama, ada inisiatif yang diambil oleh universitas untuk menawarkan pembelajaran berbasis TIK terbuka dan jarak jauh, atau yang paling umumnya dikenal sebagai e-learning.


Beberapa Inisiatif E-learning

E-learning telah inovasi pendidikan terbaru di awal abad ke-21 ini. Hal ini diyakini bahwa e-learning memiliki kemampuan untuk memenuhi berbagai kebutuhan belajar dan untuk semua jenis peserta didik di banyak negara. E-learning dapat memberikan stimulasi aplikasi interaktif untuk belajar di rumah, di sekolah, dan di tempat kerja. Siswa dapat berbagi pengalaman belajar jarak besar melalui penggunaan alat-alat pembelajaran kolaboratif tersedia di e-learning. Perusahaan dapat berpartisipasi dalam aplikasi baru untuk pelatihan-pekerjaan, sementara jaringan canggih dan layanan pembelajaran dapat mengatasi masalah komunikasi dalam pelatihan profesional di daerah terpencil. Kombinasi approriate e-learning dengan pengajaran berbasis kelas tatap muka tradisional dan pembelajaran dianggap untuk meningkatkan akses terhadap pendidikan yang berkualitas, serta memberikan dukungan praktis untuk belajar tentang alat digital masyarakat saat ini.

Singkatnya, e-learning merambat penciptaan dan distribusi tidak hanya informasi tetapi juga pengetahuan, analisis dan penerapan teknologi, untuk kemajuan masyarakat. Namun demikian, seperti dalam banyak jenis proses belajar, desain pengalaman belajar secara signifikan diperlukan untuk mencapai hasil yang diharapkan. Desain e-learning pengalaman melibatkan eksplorasi tempat e-learning - untuk mencapai hasil yang optimal. Dalam hal ini, jelas bahwa tempat e-learning saja tidak cukup untuk belajar berlangsung, kecuali ada desain yang melekat ke dalamnya, untuk e-learning untuk menjadi kenyataan itu.

Meskipun ada banyak keragaman kursus e-learning yang digunakan oleh pengembang saja individu, dan berbagai cara e-learning korban oleh lembaga pendidikan, ada empat e-learning saja klasifikasi menurut Sloan Studi (2005):

Proporsi Content Disampaikan online Tipe Course Khas descripton
0% saja F2F Tradisional - tanpa ICT / teknologi online yang digunakan, instruksi disampaikan secara tertulis atau lisan
ICT 1-29% / Web Difasilitasi Course yang menggunakan ICT / teknologi berbasis web untuk memfasilitasi apa yang pada dasarnya program F2F. Menggunakan sistem manajemen kursus atau halaman web untuk menulis silabus dan tugas, atau e-mail untuk komunikasi, misalnya.
30-79% Dicampur /
Hybrid Course yang memadukan secara online dan F2F pengiriman. Proporsi yang besar dari konten yang disampaikan secara online, biasanya menggunakan diskusi online, dan biasanya memiliki beberapa pertemuan F2F.
80 +% online / e-learning Sebuah kursus di mana sebagian besar dari semua konten yang disampaikan secara online, dan interaksi dilakukan secara virtual. Biasanya tidak memiliki atau pertemuan F2F minimal.

Di Indonesia, selain Universitas Terbuka, yang merupakan single mode universitas pembelajaran terbuka dan jarak jauh, ada beberapa perguruan tinggi lain telah terlibat dalam inisiatif e-learning, antara lain, Universitas Indonesia (SCELE), Universitas Padjadjaran, Institut Teknologi Bandung ( SOI Asia), Universitas Gajah Mada (UGM SENYUM @), Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Islam Sultan Agung, Institut Pertanian Bogor, Universitas Brawijaya.

Di UI, penggunaan kursus e-learning masih didukung oleh buku cetak dan juga tatap muka pertemuan di kampus, yang kemudian membentuk blended learning. Inisiatif di Sekolah di internet di Asia (SOI Asia) oleh ITB berfokus pada pertukaran saja melalui penggunaan internet dan telekonferensi.

Perkembangan inisiatif pembelajaran berbasis TIK di UGM telah pertama difokuskan pada pengembangan skala kecil Fakultas Teknik (FE). Dalam FE, e-learning ini dirancang untuk menggunakan pembelajaran berbasis masalah sebagai strategi pembelajaran virtual. Pengembangan konten terdiri dari pengembangan teori yang mendasari dan konsep, contoh dan studi kasus, dokumentasi, referensi, pedoman teknis, latihan dan praktek, dan sumber daya eksternal (hubungan) untuk setiap kursus di bidang teknik. Beberapa pertimbangan yang mendasari pengembangan konten, yaitu, penekanan pada transfer informasi yang efektif (isi yang benar dan diperbarui, gangguan minimal), persyaratan usaha belajar minimal (pengguna keramahan), penggunaan format multimedia, dan juga penggunaan yang paling efisien dan pengiriman format terjangkau (koneksi bandwidth rendah).

Dalam Universitas Islam Sultan Agung, inisiatif e-learning ditekankan dalam pengembangan Sinau Online, sistem manajemen e-learning. Inisiatif ini dirancang untuk fokus pada pembelajaran terbuka, yaitu, belajar melalui berbagai saluran dan media untuk meningkatkan pembelajaran F2F. Ada sekitar 40 program studi yang tersedia online di Sinau online pada saat ini, dan Sinau Online telah berada di versi kedua dari perkembangannya.

Inisiatif e-learning di UNPAD mempekerjakan lingkungan blended learning, di mana pendekatan pengajaran tradisional (kegiatan belajar di kelas tatap muka) yang dicampur dengan teknologi teknologi pembelajaran (informasi internet dan komunikasi. Pelatihan untuk dosen telah terlibat 207 dosen, dan diproduksi kursus tingkat 75 sarjana di e-learning Format. Untuk inisiatif e-learning yang, UNPAD memilih WebCT dan mempekerjakan sepenuhnya sebagai sistem manajemen pembelajaran yang.

Di UT, pengembangan e-learning program telah cukup tantangan bagi staf akademik. Dari perspektif staf akademik, ditemukan bahwa mereka memiliki persepsi yang sangat positif pada program berbasis web dan implementasi e-learning. Meskipun e-learning menawarkan media alternatif yang baik dari instruksi. Namun demikian, pada tahap desain, anggota fakultas menyadari bahwa agar mereka dapat merancang program berbasis web, mereka harus memiliki pengetahuan yang baik di daerah subyek dan memiliki keakraban dengan perangkat lunak dan aplikasi yang digunakan. Pengetahuan teknis pada perangkat lunak dan aplikasi juga diperlukan pada tahap implementasi, dan kemudian di pemeliharaan (termasuk revisi) tahap. Para anggota fakultas juga menyadari tentang beban tambahan bagi mereka untuk masuk ke e-learning saja (mulai dari tahap desain) dan kemampuan yang diperlukan untuk bekerja dalam sebuah tim. Pada titik ini, beberapa pengembang juga mengakui bahwa mereka hanya mengumpulkan semua potongan-potongan saja mereka dalam format soft-copy dan menempatkan mereka di LMS. Sementara itu, beberapa anggota staf akademik lainnya yang skeptis terhadap perkembangan ini, hanya karena mereka tidak sadar dan atau mereka tidak savy komputer. Pada saat ini, inisiatif e-learning di UT juga berfokus pada pengalaman belajar blended untuk UT lulusan siswa.

Dengan demikian, tatap muka tutorial serta bahan cetak, dan bahan audiovisual yang bagian saja, di samping tentu saja berbasis web yang ditawarkan.

Selain inisiatif yang disebutkan di atas, ada banyak perguruan tinggi lain serta staf akademik individu yang membuat usaha untuk mengembangkan e-learning program. Beberapa telah berhasil, ada juga yang masih bergerak, dan ada beberapa orang lain yang tidak berhasil.

Pembelajaran

Tujuan utama dari inisiatif e-learning adalah untuk mengambil keuntungan dari kemajuan ICT untuk meningkatkan belajar siswa. Inisiatif e-learning memerlukan pendekatan yang benar dan dukungan pada skala luas universitas. Selain isu ICT - hardware, software, infrastruktur (konektivitas, dll), faktor manusia telah diidentifikasi unsur yang paling penting yang dibutuhkan untuk membangun inisiatif e-learning. Sebagian besar pengguna (kebanyakan mahasiswa) menunjukkan keinginan mereka dalam menggunakan e-learning untuk tujuan instruksional (pengajaran serta pembelajaran) ini. Dari survei yang dilakukan oleh ITB, UT, dan UNPAD, itu jelas bahwa siswa yang dirasakan e-learning pengalaman mereka adalah novel dan menantang. Namun demikian, dari perspektif pengembang, yaitu, anggota fakultas, karya tranforming program mereka ke dalam program e-learning yang dianggap beban kerja tambahan yang diperlukan tambahan (baru) keterampilan, dan waktu ekstra yang dihabiskan. Selanjutnya, kurangnya keterampilan telah menyebabkan transfer untuk semua tatap muka dan bahan cetak ke dalam file elektronik belaka. Fakultas anggota menganggap bahwa ketika mereka memiliki bahan dalam file elektronik siap siswa, maka pembelajaran akan berlangsung secara otomatis. Dengan demikian, peran baru yang muncul dan tanggung jawab anggota fakultas dalam mempersiapkan, memelihara, dan melaksanakan proses e-learning, sementara menjaga dengan ajaran yang ada dan tanggung jawab belajar adalah tantangan yang sulit untuk anggota fakultas.

Kurangnya keterampilan ICT dan melek huruf, atau budaya ICT telah menjadi kendala utama yang dihadapi oleh pengguna (mahasiswa, dosen, administrator) dan pengembang saja. Untuk inisiatif e-learning untuk bekerja, baik dosen dan mahasiswa, bahkan administrator, harus melihat ICT dengan cara yang positif, merasa nyaman dengan teknologi, dan menggunakannya secara efektif. Bahkan anggota fakultas dan mahasiswa yang memegang sikap positif terhadap teknologi mungkin memiliki kesulitan mentransfer sikap ini menjadi tindakan produktif, ketika sistem di universitas tidak memberikan dukungan yang cukup bagi mereka untuk melakukan eksplorasi. Selanjutnya, kekhawatiran pribadi mereka (yaitu, kesulitan dalam mengembangkan e-program mereka, kesulitan teknis, dll) harus dihadiri untuk melalui dukungan yang memadai dan pribadi. Sejumlah besar uang ditempatkan untuk pengembangan teknologi sendiri akan sia-sia kecuali perhatian dibayar untuk membantu anggota fakultas dan mahasiswa melakukan transisi ke teknologi lingkungan belajar yang kaya.

Dari perspektif manajemen, yang paling inisiatif e-learning di Indonesia saat ini berada pada tahap perkembangan. Massa kritis harus dikembangkan lebih lanjut, dan sistem juga harus ditindaklanjuti dieksplorasi dan penelitian. Sejauh ini, fokus dari inisiatif telah di teknologi, apa yang (program) dalam e-learning format, dan sumber (dari siapa: dosen) dari program e-learning. Lebih lanjut di jalan, pergeseran fokus diperlukan, yaitu, untuk fokus pada bagaimana belajar yang diperoleh, bukan pada apa dan dari siapa dengan apa teknologi. Kaur (2006) menyatakan bahwa dengan e-learning, kita tidak hanya introducting teknologi baru untuk belajar, kami memperkenalkan cara baru untuk berpikir tentang pembelajaran. Selain itu, sistem baru biasanya membuat perang melawan sistem yang ada lama. Bersaing dengan waktu, perhatian, uang, prestise, dan pandangan dunia.

Beberapa Pertimbangan

Dalam kebanyakan kasus inisiatif e-learning, pertimbangan yang sangat diberikan pada ketersediaan teknologi (hardware dan software) dan infrastruktur (konektivitas). Namun, pertimbangan kurang diberikan pada pengembangan konten. Sementara ketersediaan teknologi dan infrastruktur memang pentingnya tinggi, upaya pada pengembangan konten juga paralel penting, terutama pada tingkat individu inisiatif e-learning.

Pembahasan pengembangan konten berkisar dari pilihan media dan rintangan teknologi untuk upaya untuk membedakan antara e-learning dan bahan F2F tradisional. Topik yang paling umum muncul dalam diskusi telah penerapan konsep pengajaran F2F tradisional dan pendekatan untuk e-learning lingkungan. E-learning difokuskan lebih pada "belajar" sisi, tidak lagi mengajar. Jadi e-learning inisiatif membutuhkan pergeseran paradigma dari menempatkan pentingnya pada pengajaran pentingnya pengalaman belajar. Tumpukan buku di perpustakaan, atau ribuan sumber daya yang tersedia di internet tidak akan menjamin belajar berlangsung, kecuali dirancang dengan baik. Ada enam bidang pertimbangan dalam desain e-learning konten, yaitu, aktivitas, skenario, umpan balik, pengiriman, konteks, dan dampaknya, yang fokus pada pembelajaran di e-learning lingkungan.

- Aktivitas
Efektif e-learning bergantung pada memiliki tugas untuk siswa untuk melakukan yang memberikan pengalaman kemungkinan mereka untuk pemahaman baru yang diinginkan. Kegiatan kaya adalah salah satu yang membuka peluang untuk tindakan daripada mengarahkan siswa menyusuri jalur pembelajaran yang ditentukan. Kegiatan tersebut menyiratkan keterlibatan aktif peserta didik dalam membuat pilihan tentang pengalaman apa yang harus dilakukan, dan cukup baik untuk terlibat dan tantangan siswa kompleks selama penelitian. Semakin banyak cara di mana peserta didik terlibat dalam kegiatan tugas terkait, semakin kuat belajar (Biggs, 1991)

- Skenario
Skenario dapat membantu aktivitas memiliki arti. Skenario biasanya diberikan dalam bentuk cerita, role play, atau simulasi, di mana aktivitas memainkan peran penting dalam membantu siswa untuk mengontekstualisasikan konten. Skenario sebagian besar adalah fiksi, namun, ada asumsi bahwa belajar atau keterampilan yang diperoleh melalui kegiatan tersebut akan ditransfer ke situasi dunia nyata di masa depan. Transfer dibantu jika skenario pembelajaran menimbulkan masalah dan masalah yang sama dengan yang ada di dunia nyata.

- Masukan
Pengalaman o menjadi pengetahuan melalui refleksi, yang ditingkatkan oleh kritik yang tepat waktu dan tepat. Efektif e-learning akan mencakup penyediaan umpan balik yang menekankan pembelajaran dari pengalaman, dan memungkinkan siswa untuk meningkatkan tingkat keterampilan dan pengetahuan. Kisaran umpan balik yang tersedia meliputi tanggapan reflektif untuk pertanyaan yang ditentukan, tanggapan semiautomated oleh sistem untuk tindakan mahasiswa dan bekerja, komentar bersama di forum secara online dan blog, dan tanggapan pribadi melalui email, atau media lainnya. Tantangan dalam memberikan umpan balik termasuk penyediaan satu-ke-satu, ketepatan waktu, dan umpan balik dialogis kepada siswa.

- Pengiriman
Pengiriman e-learning harus bertujuan untuk memaksimalkan keterlibatan siswa dengan aktivitas, memungkinkan komunikasi merangsang konteks, dan memaksimalkan peluang untuk umpan balik dan refleksi. Di kali, pilihan yang dibutuhkan antara batas-batas teknis yang memberikan kesempatan bagi solusi baru dan teknologi, dan strategi pengiriman sederhana, berdasarkan informasi, pesan, dan interaksi yang akan disampaikan.

- Konteks
Konteks yang lebih luas di mana kegiatan belajar yang disampaikan dapat mempengaruhi banyak elemen dari e-learning pengembangan, dan sebaliknya. Sebagai contoh, ketika bahan diharapkan cocok untuk digunakan sebagai sumber berdiri sendiri, dan tidak dengan asumsi tingkat rinci input guru, tekanan tertentu diletakkan pada kejelasan penjelasan desain instruksional.

- Dampak
Dampak e-learning dapat dinilai dari berbagai perspektif. Pada tingkat individu, pertimbangan mungkin diberikan untuk tingkat belajar mengambil tempat dibandingkan dengan upaya yang diperlukan untuk menghasilkan sumber daya atau kursus. Pertimbangan dampak sosial meliputi kesesuaian budaya dari bahan, sejauh bahan membutuhkan seseorang untuk bekerja dengan atau untuk mengawasi siswa, cara dapat mempengaruhi modal budaya di lingkungan pendidikan, dan nilai-nilai etika yang tersirat dalam bahan. Pertimbangan atas dampak lingkungan termasuk penggunaan sumber daya yang dibutuhkan untuk mengembangkan dan menyampaikan materi, administrasi atau penggunaan e-learning, dan bagaimana lingkungan akan mendapatkan keuntungan dari e-learning.

Di tingkat universitas, beberapa pertimbangan perlu diberikan untuk memastikan proses manajemen perubahan dan struktur berada di tempat, untuk mendorong praktik terbaik (juara) dari sumber daya yang kaya tersembunyi di dalam kampus, dan untuk menunjukkan dampak inisiatif. Dalam banyak kasus, pengembangan e-learning program telah diserahkan kepada individu "inovatif atau savy komputer" staf akademik. Dukungan dari lembaga minimal, pengembangan e-learning masyarakat (massa kritis) belum menjadi prioritas, pembentukan tim dalam pembangunan yang bekerja tidak terlihat diperlukan, sementara lembaga menunjukkan e-learning dukungan dan komitmen mereka terutama melalui pengadaan hardware (dan software), dan membuat infrastruktur yang tersedia.

Keterangan
Dengan perkembangan ICT dan pengaruhnya baik terhadap tatap muka pendidikan dan juga pembelajaran jarak jauh, e-learning dianggap menjadi sistem pembelajaran alternatif yang populer dibahas dalam banyak kesempatan oleh banyak lembaga pendidikan tinggi. Sementara ketersediaan teknologi dan infrastruktur memang pertimbangan penting di universitas dan manajemen tingkat, upaya pada pengembangan konten juga paralel penting, terutama pada tingkat individu inisiatif e-learning. Sejauh ini, banyak pertimbangan pada pengembangan konten belum dieksplorasi dalam berbagai inisiatif e-learning.

Pada tingkat kelembagaan, dengan dukungan yang tersedia infrastruktur dari pemerintah, lembaga mungkin ingin menggeser prioritas untuk pengembangan masyarakat e-learning di lingkungannya, daripada berfokus pada hardware, software, atau infrastruktur saja. Pengguna serta pengembang e-learning adalah dari sama-sama penting dalam komunitas e-learning, di samping ketersediaan teknologi.

Saat ini, situasinya memang sangat menjanjikan, kualitas pendidikan yang ditawarkan oleh berbagai perguruan tinggi di Indonesia telah tersedia di klik jari siswa di ruang dan waktu. Dikombinasikan dengan ketersediaan layanan pendidikan yang berkualitas ditawarkan melalui pendidikan jarak jauh oleh Universitas Terbuka, inisiatif yang sangat menjanjikan dalam meningkatkan tingkat partisipasi siswa pendidikan tinggi di seluruh Indonesia. Diharapkan lebih lanjut, beberapa lembaga pendidikan tinggi lainnya akan mengambil bagian dalam e-learning ini inisiatif, untuk membuka lebih banyak akses ke pendidikan yang berkualitas di Indonesia.


Sekian artikel tentang Perkembangan E-Learning di Indonesia.

Posting Komentar untuk "Perkembangan E-Learning di Indonesia"