Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Pengelolaan Data dalam Analisis Jabatan

Pengelolaan Data dalam Analisis Jabatan - Data yang dihimpun dengan cara wawancara, kuesioner maupun cara lainnya harus dapat diolah dengan baik agar data tersebut dapat memberikan masukan dan penilaian yang baik terhadap proses analisa jabatan.

Pada artikel sebelumnya telah dibahas mengenai contoh kuesioner analisa jabatan. Kuesioner tersebut dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama adalah terkait dengan work activities (WA) yang berisi list aktivitas kerja. Responden diminta untuk mengisi tingkat kepentingan WA dengan rating dari skala “0”hingga “5”. Rating “0” mengindikasikan bahwa aktivitas tersebut tidak terlibat dalam pekerjaan yang dimaksud, sedankan Rating “5”mengindikasikan bahwa WA tersebut merupakan aktivitas paling esensial dalam melaksanakan pekerjaan tersebut. Bagian kedua adalah kuesioner yang terkait dengan kompetensi yang diperlukan untuk sukses dalam sebuah pekerjaan. Seberapa penting masing-masing kompetensi dalam melakuakn sebuah pekerjaan. Rate “0” mengindikasikan bahwa kompetensi tersebut bukan persyaratan dalam melakukan pekerjaan, sedangakn rating “5”mengindikasikan bahwa persyaratan ini merupakan salah satu yang paling penting untuk secara efektif melakukan pekerjaan ini.

Pengelolaan Data dalam Analisis Jabatan_
image source: www.hr4free.com

Menggunakan Template Kuesioner
  1. Identifikasi dengan jelas pekerjaan yang ingin Anda analisa. Belajar sebanyak mungkin tentang pekerjaan dengan mengamati orang dalam pekerjaan, wawancara pemain lama, membaca pekerjaan yang ada deskripsi, surfi ng web untuk informasi, dan memeriksa apa kolega Anda tahu tentang pekerjaan ini.
  2. Atas dasar pengetahuan Anda tentang pekerjaan, tinjau contoh kuesioner yang ada dan pilih yang paling sesuai dengan pekerjaan yang akan dianalisis.
  3. Bacalah petunjuk umum untuk template dan kedua set kegiatan dan kompetensi. Jangan ragu untuk mengedit salah satu atau kedua Data set untuk memudahkan tugas yang akan Anda tetapkan.
  4. Mengidentifikasi beberapa responden yang Anda akan diminta untuk mengisi kuesioner. Mereka mengundang Anda untuk menjadi penilai harus ahli subjek-materi, yaitu, mereka harus memiliki, pengetahuan luas baru-baru ini pekerjaan. Hal ini bisa pemain lama, supervisor, manajer, atau tenaga ahli dari luar.

Ketika meminta bantuan mereka dalam menyelesaikan tugas ini Anda harus menekankan pentingnya untuk Anda dari pekerjaan ini, menjelaskan bagaimana itu harus digunakan.

Pengelolaan Data dalam Analisis Jabatan 1_

Pengelolaan Data dalam Analisis Jabatan 2_

Pengelolaan Data dalam Analisis Jabatan 3_
Pengelolaan Data dalam Analisis Jabatan 4_ 

Pengelolaan Data dalam Analisis Jabatan 5_

Pengelolaan Data dalam Analisis Jabatan 6_


Pengelolaan Data dalam Analisis Jabatan 7_

Pengelolaan Data dalam Analisis Jabatan 8_

Pengelolaan Data dalam Analisis Jabatan 9_

Pengelolaan Data dalam Analisis Jabatan 10_

Pengelolaan Data dalam Analisis Jabatan 11_


 Sekian artikel tentang Pengelolaan Data dalam Analisis Jabatan.

Posting Komentar untuk "Contoh Pengelolaan Data dalam Analisis Jabatan"

Klik gambar berikut untuk mengunduh artikel ini:

Berlangganan via Email