Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyajian Data dalam Bentuk Grafik dan Tabel Statistik

Penyajian Data dalam Bentuk Grafik dan Tabel Statistik - Penyajian data secara tabel diagram digunakan karena mampu digunakan untuk menangkap garis besar data secara utuh. Penggunaan keduanya juga memudahkan seseorang untuk melihat dan membaca paparan data yang disajikan dengan lebih cepat dan mudah dipahami. Selain itu, tampilan berupa gambar yang disediakan oleh contoh tabel dan grafik merepresantikan data yang akan menarik minat baca pengguna data.

Penyajian data secara umum dapat dibagi ke dalam lima macam, yaitu:

A. Data dalam Bentuk Tabel

Jenis tabel terbagi menjadi tiga, yaitu tabel biasa, tabel konfigurasi, distribusi frekuensi yang didalamnya terdiri dari distribusi frekuensi relatif, kumulatif, dan kumulatif relatif
Penyajian Data dalam Bentuk Grafik dan Tabel Statistik_
image source: www.mymobilelyfe.com

B. Data dalam Bentuk Grafik

Grafik terbagi menjadi tiga, yaitu:

1. Histogram
Grafik ini juga disebut Bar diagram, yaitu grafik yang berbentuk segi empat. Dasar pembuatan grafik ini menggunakan titik tengah.

2. Poligon
Grafik ini juga disebut poligon frekuensi. Poligon dibuat dengan menghubungkan titik tengah dalam bentuk garis (kurve).

3. Grafik Ogive
Grafik ini juga disebut grafik frekuensi meningkat. Ogive dibuat dengan menjumlah frekuensi pada tiap nilai variabel.

C. Data dalam Bentuk Diagram

Data yang disajikan dalam bentuk diagram terdiri dari beberapa macam, yaitu:

1. Diagram Melingkar
Diagram berupa lingkaran yang telah dibagi menjadi beberapa bagian sesuai dengan proporsi data. Biasanya dinyatakan dalam persen.

2. Diagram Batang
Diagram yang berbentuk persegi panjang yang dengan skala atau ukuran sesuai data yang bersangkutan. Setiap batang memiliki jarak yang sama, disusun secara tegak atau mendatar.

3. Diagram Garis
Diagram yang menggambarkan keadaan yang serba terus menerus, seperti pergerakan indeks bursa saham. Cara menggambar diagram ini sama dengan menggambar diagram batang.

4. Diagram Lambang
Diagram yang berisi data yang menggunakan gambar atau lambang dalam penyajiannya. Satu lambang bisa mewakili jumlah tertentu. Sebagai contoh, luas lahan hutan dilambangkan dengan pohon.

5. Kartogram atau Peta Statistik
Diagram yang menyajikan data berupa peta yang menunjukkan kondisi data dan diwakili oleh lambang tertentu dalam sebuah peta. Kartogram biasa digunakan untuk menggambarkan kepadatan penduduk, curah hujan, hasil pertanian, hasil penjualan, hasil pertambangan dan sebagainya.

6. Diagram Garis
Bentuk penyajian data berupa garis yang diperoleh dari ruas garis yang menghubungkan titik-titik pada bilangan. Terdiri dari 2 sumbu yaitu sumbu X menunjukkan bilangan yang sifatnya tetap, seperti tahun, ukuran dan sebagainya. Sedangkan pada sumbu Y ditempatkan bilangan yang sifatnya berubah-ubah seperti, harga, biaya dan jumlah.


Posting Komentar untuk "Penyajian Data dalam Bentuk Grafik dan Tabel Statistik"

Klik gambar berikut untuk mengunduh artikel ini:

Berlangganan via Email