Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan KEPEMIMPINAN dan MANAJEMEN Menurut Para Ahli

Perbedaan KEPEMIMPINAN dan MANAJEMEN Menurut Para Ahli - Kepemimpinan dan manajemen merupakan dua terminologi yang berbeda secara prinsip. Bennis dan Nanus (dalam Munandar 2005) melihat perbedaan yang mendasar antara kepemimpinan dan manajemen.Leading adalah influencing, guiding in direction, course, action, dan opinion; sedangkan to manage berarti to bring abaout, to accomplish, to have charge of or responsibility for, to conduct. Kepemimpinan lebih berhubungan dengan efektivitas, sedangkan manajemen lebih berhubungan dengan efisiensi.

“Managers are people who do things right, and leaders are people who do the right thing.” (Bennis and Nanus, 1985 p.21) -- “manajer adalah orang yang melakukan segala sesuatunya dengan baik dan pemimpin adalah orang yang melakukan hal yang benar”.

Perbedaan KEPEMIMPINAN dan MANAJEMEN Menurut Para Ahli_
image source: ronalvesteffer.com
Rost (1992): Management is an authority relationship that exist between a manager and subordinates to produce and sell goods and service. Leadership is a multidirectional influence relationship between a leader and followers influence each other as they interact in noncoercive ways to decide what changes they want to make. – Manajement sebagai hubungan wewenang yang ada antara manager dengan bawahannya untuk memproduksi dan menjual barang serta jasa. Kepemimpinan sebagai hubungan pengaruh ke berbagai arah (interaksi tanpa unsur pemaksaan) antara pemimpin dan bawahannya yang mempunyai tujuan yang sama dalam mencapai perubahan yang sebenarnya.

Berikut ini diuraikan perbedaan antara pemimpin dan manajer:

Seorang pemimpin:
  • Menghargai fleksibilitas, inovasi, dan adaptasi
  • Memperhatikan apa yang menjadi makna penting bagi banyak orang dan berusaha untuk mencari kesepakatan akan hal-hal penting yang perlu dilakukan.

Seorang manajer:
  • Menghargai stabilitas, keteraturan dan efisiensi
  • Memperhatikan bagaimana sesuatu diselesaikan dan berusaha membuat orang dapat melakukannya dengan lebih baik.

Perbedaan Manajemen Dan Kepemimpinan Menurut Kotter:

Manajemen Kepemimpinan
Menetapkan sasaran operasional, membuat rencana tindakan berdasarkan jadwal, dan mengalokasikan sumber daya Menyusun visi masa depan dan strategi untuk membuat perubahan yang dibutuhkan.
Mengorganisasi dan menugaskan (menentukan struktur, menugaskan orang ke berbagai pekerjaan) Mengkomunikasikan dan menjelaskan visi
Memantau hasil dan menyelesaikan masalah Memotivasi dan memberi inspirasi kepada orang lain untuk mencapai visi itu

Pada hakikatnya kepemimpinan dan manajemen saling melengkapi dan menyempurnakan. Kepemimpinan merupakan sesuatu yang penting bagi manajer. Para manajer sebagai pimpinan bagi para bawahannya seyogyanya adalah pemimpin, sehingga tujuan dan sasaran kerja mencapai efektivitas dan efisiensi optimal. Demikian sebaliknya, pemimpin yang memiliki kemampuan bekerja seperti manajer akan mampu membawa roda kehidupan pribadi dan organisasi yang dipimpinnya bisa mencapai batas optimal.

Teori-teori kepemimpinan dengan demikian dapat diterapkan dalam manajemen. Dalam hal ini manajemen dapat dianggap sebagai kepemimpinan dalam organisasi. Munandar (2005) menjelaskan bahwa kepemimpinan merupakan pengertian yang meliputi segala macam situasi yang dinamis berikut: (a) seorang manajer sebagai pemimpin yang mempunyai wewenang untuk memimpin, (b) bawahan yang dipimpin membantu manajer sesuai dengan tugas masing-masing, dan (c) tujuan atau sasaran yang harus dicapai oleh manajer bersama-sama bawahannya.


Posting Komentar untuk "Perbedaan KEPEMIMPINAN dan MANAJEMEN Menurut Para Ahli"

Klik gambar berikut untuk mengunduh artikel ini:

Berlangganan via Email