Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menyusun Laporan Intervensi Sosial Yang Benar

Cara Menyusun Laporan Intervensi Sosial Yang Benar - Dalam setiap melakukan intervensi sosial atau membuat suatu program, penyusunan laporan adalah hal yang sangat penting. Penyusunan laporan dilakukan dengan cara melaporkan sesuai dengan apa yang sudah dilaksanakan dan sesuai dengan kondisi yang dialami selama proses intervensi dari awal sampai akhir.

Laporan penelitian adalah laporan ilmiah lengkap dari suatu penelitian setelah kegiatan penelitian berakhir, sebagai pertanggungjawaban ilmiah dan sebagai dokumen tertulis lengkap dari kegiatan penelitian. Laporan penelitian tersebut berisi tentang langkah-langkah selama penelitian berlangsung, apa saja hasil yang telah ditemukan, dengan demikian laporan penelitian merupakan media komunikasi peneliti untuk menyampaikan pelaksanaan dan hasil penelitian kepada orang lain.

Sistematika penulisan laporan terkadang tidak sama antara penelitian satu dengan penelitian yang lain. Sistematika penulisan laporan, biasanya tergantung dari metode penelitian yang dilakukan, tetapi pada dasarnya sistematika penelitian terdiri dari beberapa sub bab yang memang harus dilaporkan. Di bawah ini, contoh sistematika penulisan laporan yang dapat digunakan untuk menyusun laporan penelitian dengan memberikan intervensi.

BAB I. PENGANTAR

A. Latar Belakang
Latar belakang berisi tentang fakta dilapangan yang terjadi, atau permasalahan yang ada dilapangan. Fakta atau masalah dapat diketahui dengan cara:
  • Wawancara terhadap beberapa sumber
  • Observasi di lapangan
  • Media 
  • Artikel
  • Jurnal penelitian
  • Dokumentasi
  • Hasil Test

B. Rumusan masalah
Setelah kita mendapatkan data, kemudian peneliti merumuskan masalah yang ingin dikaji dalam penelitiannya

C. Tujuan Penelitian
Peneliti merumuskan apa tujuan dari penelitian yang dilakukan

D. Manfaat Penelitian
Peneliti merumuskan manfaat apa saja yang didapat dari hasil penelitian

BAB II. KAJIAN PUSTAKA

Kajian pustaka disusun berdasarkan variabel apa yang menjadi fokus penelitian, termasuk jenis intervensi yang diberikan. Kajian pustaka ini dapat menggunakan referensi seperti teks book atau jurnal penelitian yang terdahulu.

BAB III. METODE PENELITIAN

A. Subjek Penelitian
Subjek penelitian adalah siapa saja yang menjadi sasaran dari penelitian dan akan dikenai hasil penelitian.

B. Desain Penelitian
Sebelum melakukan penelitian, peneliti terlebih dahulu menentukan atau menyusun desain penelitian yang akan dilakukan, agar setelah terjun di lapangan aktifitas peneliti sudah jelas dan terjadwal dengan baik.

C. Instrumen Penelitian
Instrumen penelitian mencakup tentang perlengkapan apa saja yang digunakan dalam penelitian, dalam hal ini termasuk alat pengumpulan data dan modul intervensi

D. Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen
Dalam penelitian ilmiah, instrumen yang kita gunakan harus memiliki tingkat validitas yang tinggi, hal ini bertujuan agar pengukuran atau pengambilan data di lapangan memang mencerminkan kondisi dilapangan yang sebenarnya. Kalau instrumen tidak valid, hal ini dapat berpengaruh terhadap hasil penelitian.

E. Fasilitator
Fasilitator aalah tim yang terlibat dalam penelitian

F. Metode Analisis Data
Metode analisis data menggambarkan bagaimana cara peneliti menganalisis data yang sudah diperoleh

BAB IV. HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

A. Pelaksanaan Penelitian
Pada bab ini, peneliti menuliskan secara lengkap proses penelitian dari awal sampai akhir, kegiatan apa saja yang sudah dilakukan, hambatan-hambatan apa saja yang telah terjadi, proses perizinan dan sebagainya.

B. Hasil Analisis Data
Setelah data di analisis, kemudian hasil analisi dipaparkan secara lengkap oleh peneliti

C. Pembahasan
Pembahasan berisi tentang temuan-temuan dalam penelitian

BAB V. PENUTUP

A. Kesimpulan

B. Saran

DAFTAR PUSTAKA..............................................

LAMPIRAN

Contoh format review jurnal penelitian:


Cara Menyusun Laporan Intervensi Sosial Yang Benar_


Posting Komentar untuk "Cara Menyusun Laporan Intervensi Sosial Yang Benar"