Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Skoring, Interpretasi, dan Administrasi Hasil Tes PAPI Kostick

Skoring, Interpretasi, dan Mengkomunikasikan Hasil Tes PAPI Kostick - Setelah sebelumnya kami membahas tentang Pengertian dan Metode Tes PAPI Kostick, kali ini kita akan membahas mengenai skoring, interpretasi, dan mengkomunikasikan hasilnya agar dapat Mengetahui dan mampu melakukan administrasi, skoring, dan interpretasi tes PAPI Kostick.

Penyajian Alat Tes PAPI Kostick

Waktu Pelaksanaan
Dalam pelaksanaan tes PAPI Kostick secara tertulis, tidak ada batasan waktu yang diberikan. Durasi pengerjaan tes tergantung pada kecepatan testi dalam menjawab semua pernyataan yang tersedia. Namun, pada umumnya testi dapat menyelesaikan menjawab semua pernyataan pada tes ini dalam waktu kurang lebih antara 35 menit sampai dengan 45 menit.

Materi Tes
  • Buku soal tes PAPI Kostick
  • 1 lembar jawaban tes PAPI Kostick
  • 1 lembar psikogram tes PAPI Kostick
  • 1 Buku norma tes PAPI Kostick

Alat Test
  • Stopwatch untuk menghitung waktu pengerjaan tes

Instruksi Tes
Ada 90 pasang pernyataan, pilihlah salah satu dari setiap pasangan pernyataan tersebut yang Anda anggap paling dekat menggambarkan diri Anda. Bila tidak satupun dari sebuah pasangan pernyataan yang cocok, pilihlah yang Anda anggap benar.

Lingkarilah tanda panah pada setiap pernyataan yang Anda pilih pada lembar jawaban yang tersedia.

Contoh :
  • Saya adalah pekerja keras
  • Saya tidak mudah murung

Dalam hal ini, Anda melingkari tanda anak panah “a”, karena pernyataan “a” merupakan gambaran diri Anda. Tetapi jika pernyataan “b” lebih sesuai dengan diri Anda, maka lingkarilah tanda anak panah pada pernyataan “b”.

Pelaksanaan Tes
Tester membagikan 1 buku soal dan lembar jawaban pada testi. Tester meminta testi mengisi kolom identitas pada kolom yang telah tersedia pada lembar jawaban. Tester memberikan instruksi tata cara pelaksanaan tes PAPI Kostick pada testi. Kemudian testi diberi kesempatan bertanya kepada tester. Dan jika tidak ada pertanyaan, tester memberikan instruksi mulai mengerjakan tes PAPI Kostick sambil mengaktifkan stopwatch. Setelah tes selesai, testi diminta mengecek kembali jawabannya dan cara menjawabnya.

Setelah melalui proses scanning LJK terisi dan verifikasi di DMR, hasil interpretasi PAPI ditampilkan di Microsoft Excel melalui fitur custom export.
baca juga: Pengertian dan Metode Tes PAPI Kostick

Prosedur Skoring Tes PAPI Kostick
  1. Menghitung skor peran, yaitu dengan menjumlahkan anak panah yang dilingkari, baik yang horizontal maupun vertikal sesuai dengan arah tanda panah.
  2. Menuliskan jumlah skor pada masing-masing kotak skor dibawah huruf G, L, I, T, V, S, R, D, C, E yang telah tersedia pada lembar jawaban.
  3. Menghitung jumlah skor pada seluruh kotak skor peran secara horizontal, dan jumlah skor harus 45.
  4. Menghitung skor kebutuhan, yaitu dengan menjumlahkan anak panah yang dilingkari baik yang horizontal maupun yang vertikal sesuai dengan arah tanda panah.
  5. Menjumlahkan jumlah skor pada masing-masing kotak dibawah huruf N, A, P, X, B, O, Z, K, F, W yang telah tersedia pada lembar jawaban.
  6. Mengitung jumlah skor pada seluruh kotak skor kebutuhan secara vertikal, dan jumlah skor harus 45.
  7. Memindahkan setiap skor pada lembar jawaban ke lembar skoring sesuai dengan setiap huruf pada aspek peran dan kebutuhan dengan cara melingkari angka di dalam lingkaran.
  8. Membuat garis penghubung antara angka yang satu dengan angka lainnya sehingga terbentuklah sebuah diagram pada lembar psikogram yang telah tersedia.


Posting Komentar untuk "Skoring, Interpretasi, dan Administrasi Hasil Tes PAPI Kostick"

Klik gambar berikut untuk mengunduh artikel ini:

Berlangganan via Email