Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teori-Teori dan Isu dalam Psikologi Perkembangan

Teori-Teori dan Isu dalam Psikologi Perkembangan - Dalam Psikologi Perkembangan terdapat lima grand teori yang menjelaskan tentang perilaku manusia, masing-masing teori tersebut melihat perkembangan dari perpektif yang berbeda-beda. Perbedaan perspektif tersebut membuat semakin kaya kajian dan alat untuk mempelajari proses perubahan perilaku individu.

Lima Grand Teori dalam Psikologi Perkembangan tersebut adalah:
  1. Teori Kognitif
  2. Behaviorisme
  3. Pemrosesan Informasi
  4. Sociocultural
  5. Psikoanalisis

Masing-masing teori memiliki kelebihan dan kelemahan. Dalam mata kuliah ini kita akan membahas masing-masing teori tersebut dengan tokoh-tokoh nya. Dalam mata kuliah psikologi perkembangan I ini kita akan membahas teori perkembangan kognitif Piaget, Psikoanalisis Freud, Sociocultural vygotsky dan Bronfenbrenner, pemrosesan informasi dsb.

Dalam setiap pembahasan Teori, perlu kita tekankan untuk fokus dalam pembahasan teori tertentu agar kita dapat memahami dengan seksama bagaimana mekanisme perkembangan individu menurut masing-masing teori. Sejatinya tidak ada teori yang dapat menjelaskan seluruh aspek perkembangan manusia, karena setiap teori memiliki keterbatasan masing-masing. Meskipun dalam setiap pembahsan teori fokus terhadap teori tertentu, namun dalam aplikasi dan pemecahan kasus perkembangan kita dapat menggabungkan teori-teori tersebut guna mendapat penjelasan yang menyeluruh mengenai sebuah fenomena.

Teori-Teori dan Isu dalam Psikologi Perkembangan_
image source: saypeople.com

Teori Perkembangan

Berikut ini adalah Teori Psikologi Perkembangan yang akan kita bahas dalam semester ini, pembahasan meliputi latar belakang teori, Biografi teoris, struktur kepribadian, mekanisme perkembangan serta kelebihan dan kelemahan masing-masing teori.

Isu-isu dalam Psikologi Perkembangan

Isu-isu penting dalam psikologi Perkembangan sangat penting untuk kita fahami sebelum kita membahas teori-teori dalam Psikologi perkembangan. Isu ini menitikberatkan perspektif perkembangan yang terdapat dalam setiap mekanisme dan teori perkembangan,. Dengan memahami isu-isu perkembangan kita dapat mengerti perbedaan sudut pandang teoris yang tertuang dalam teorinya merupakan sebuah keragaman yang saling melengkapi.

Isu-isu tersebut antara lain:

1. Coninuous VS Discontinuos
  • Continous: perkembangan terjadi secara berkelanjutan, bukan sebagai tahapan- tahapan. 
  • Discontinous: Ada tahapan-tahapan yang berbeda dalam masa perkembangan. Setiap tahapan mempunyai batasan yang jelas. 

2. General VS Spesific
  • General: Satu teori dapat menjelaskan semua aspek tingkah laku. 
  • Spesific: Teori yang fokus menjelaskan satu aspek tertentu dari tingkah laku. 

3. Heredity VS Environment
  • Heredity: Faktor bawaan (biologis) memberikan peran dominan pada perkembangan (nature). 
  • Environment: Lingkungan berperan dominan dalam perkembangan (nurture).

Posting Komentar untuk "Teori-Teori dan Isu dalam Psikologi Perkembangan"