Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Singkat Perkembangan Ilmu Sosiologi Menurut Ahli

Sejarah Singkat Perkembangan Ilmu Sosiologi Menurut Ahli - Menurut George Ritzer sejarah sosiologi setelah perkembangan di Eropa Barat, berkembang di Amerika yang ditandai oleh liberalism terutama pengaruh Herbert Spencer dan Darwinisme Sosial Sumner dan ward. Karyanya tidak terlalu berpengaruh, tetapi setelahnya karya dari Small, Park, Thomas, Cooley dan terutama Mead mulai meninggalkan kesan dan pengaruh dalam teori interaksionisme simbolik.

Sementara di Harvard yang memainkan peran penting adalah aliran Chicago tokoh utamanya Pitirin Sorokin dan Talcoot Parson. Terutama Parson lah yang mengenalkan teori besar yang sangat berpengaruh yaitu aliran structural fungsional yang mendominasi teori sosiologi selama beberapa dekade.

Sejarah Singkat Perkembangan Ilmu Sosiologi Menurut Ahli_
image source: napierpress.com
baca juga: Kata Kunci (Key Studies) Istilah Dalam Sosiologi Menurut Ahli

Perkembangan teori Marxian di tahun-tahun awal abad ke-20 berkembang atas kreatifitas aliran Frankfurt. Tetapi lebih berkembang lagi setelah C, Wright Mills menghidupkan tradisi radikal sehingga mengembangkan teori konflik, awalnya teori ini belum begitu popular sehingga muncul teori pertukaran dan dramaturgi Erving Goffman.

Perkembangan penting selanjutnya dalam sosiologi kehidupan sehari-hari selain interaksionisme simbolik adalah gencarnya studi tentang fenomenologi, etnometodologi, strukturalisme dan post strukturalisme melalui karya Foucault.

Dan terakhir perkembangan sosiologi di abad ke-21 adalah teori multikultural, teori postmodern dengan segala reaksinya. Muncul pula teori modernitas Antony Giddens dan teori Globalisasi.

Begitulah teori sosiologi, ia terus berkembang dan nampak secara jelas bahwa sosiologi sulit menuju perspektif tunggal yang akan mendominasi. Tetapi ia muncul dalam banyak perspektif untuk dapat melihat dan membaca realitas sosial.

Berikut skema perkembangan Sosiologi menurut George Ritzer;


Posting Komentar untuk "Sejarah Singkat Perkembangan Ilmu Sosiologi Menurut Ahli"

Klik gambar berikut untuk mengunduh artikel ini:

Berlangganan via Email