Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Cara Agar Memenangkan Debat Dengan Seseorang

Tips Cara Agar Memenangkan Debat Dengan Seseorang - Materi yang bagus saja tidak cukup buat memenangkan perdebatan bersama seseorang. Kamu pun mesti mampu membuatnya terbujuk bersama ajakan Kamu. TetapiKamu serta perlu sekian banyak skill seputar komunikasi, seperti bahasa badan, intonasi cara penyampaian, pemilihan bahasa, pemasangan pemikiran, dan lain-lain.

Nah, berikut ini merupakan tujuh strategi yang mesti Kamu lakukan, dan jangan sampai Kamu lakukan, yang mampu menciptakan lawan debat Kamu tidak berkutik lagi untuk melawan Kamu.

Tips Cara Agar Memenangkan Debat Dengan Seseorang_
image source: www.sutbeat.com
baca juga: Memahami Kepribadian Anda Berdasarkan Golongan Darah

1. Berbicara Sesuai Bukti

Sekiranya Kamu punya anggapan bahwa air itu mampu memadamkan api, sedangkan lawan Kamu menganggap bahwa minyak itu dapat memadakan api, sehingga, satu-satunya cara buat membuktikan siapa yg benar yakni dengan mencobanya langsung. Sehingga, ketika fakta sudah “berbicara”, selesai sudah, perdebatan tersebut sertadapat berakhir. Sebab kebenaran langsung kelihatan.

Yah, mirip seperti itu pulalah kasus perdebatan Kamu, jika Kamu memanfaatkan fakta & data. lantaran memang fakta & data itu tidak akan dapat dinafikan. Sehingga, sebelum Kamu mengawali perdebatan, persiapkanlah data-data Kamu. Ntah itu berupa statistik rekapan, hasil survey, studi kasus, dan lain-lain.

2. Tentukan Waktu Yang Tepat

Janganlah terburu-buru. Saksikan baik-baik kapan ketika paling baik buat berdebat, kapan disaat utk menghindar, Pikirkan baik-baik sebelum Kamu berdebat : Inikah kalayg pas? Inikah tempatnya

3. Jadilah Pendengar Yang Baik

Dengarkan & dengarkan lagi. Dengarkan alasan orang lain bersama saksama. Cermati bahasa badan mereka, & pahami makna kata-kata mereka sebenarnya.

4. Mengatasi Kebuntuan

Pakai kreatifitas Kamu buat menemukan jalan ke luar dari perdebatan yg berlarut-larut. Coba menonton masalah itu dari sisi pandang lain. Dapatkah Kamu laksanakansesuatu utk menekan lawan berkata Kamu biar dia sepakat dgn Kamu? Dapatkah masalah itu dipecahkan lewat kompromi ?

5. Lemparkan Pertanyaan

Pertanyaan mampu menjaga satu buah perdebatan biar sifatnya masih fair. Jangan Sampai hingga Kamu terpengaruhi oleh lawan debat Kamu. Kadang, Kamu mamputerkena pengaruh dari si lawan debat, disaat dirinya melemparkan satu buah pendapat yg sepertinya bener banget. Nah, buat menangkalnya, tanyakanlah sesuatu padanya. Ntah pertanyaan itu berupa “kenapa”, “bagaimana”, & lain-lainnya. Sebab kerapnya, suatu pertanyaan itu lebih susah disangkal, daripada suatu opini.

6. Buat Lawan Menjawab Pertanyaannya Sendiri

Yaps, menciptakan pertanyaan yg memancing si lawan untuk mengiyakan sesuatu, yg mana iyanya itu benar-benar mampu beliau sepakati, lebih manjur daripada kita mengguruinya.

7. Menjaga Hubungan Yang Baik

Tidak Sedikit perdebatan yang berahir dengan permusuhan. Perdebatan yang tidak dewasa atau lawan debat yang juga tidak dewasa dapat berakhir dengan kemarahan.Pasti saja tak ada jaminan apabila seluruh aturan ini dilakukan, sehingga seluruh lawan debat Kamu bakal bertekuk-lutut. Meskipun begitu usahakan masihmempertahankan interaksi yang baik.

Apa yang Kamu inginkan dari perdebatan tersebut? Menghina, mempermalukan, atau membuat lawan berkata Kamu kebakaran jenggot kemungkinan membuat Kamumerasa puas kepada waktu itu, namun Kamu bisa saja bakal kehilangan tidak sedikit sahabat, dan menjalani hari-hari seterusnya dengan penyesalan akibat mengikuti dorongan nafsu sesaat. Apabila memungkinkan, capailah kesepakatan yang berguna bagi ke dua pihak. Jangan mengulang-ngulang perdebatan yang sama; mariperdebatkan aspek yang lain.

Source: PsikologID

Sekian artikel Blog Psikologi tentang Tips Cara Agar Memenangkan Debat Dengan Seseorang.
Klik gambar berikut untuk mengunduh artikel ini:

Berlangganan via Email