Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Manajemen, Contoh dan Penjelasannya Menurut Para Ahli

Fungsi Manajemen, Contoh dan Penjelasannya Menurut Para Ahli - Manajemen melibatkan fungsi-fungsi dalam mencapai tujuannya. Seperti diketahui bahwa fungsi manajemen  dapat berbeda antara ahli satu dengan ahli lainnya,. Fungsi manajemen tersebut antara lain menurut Griffin fungsi manajemen dibedakan menjadi empat fungsi yaitu perencanaan/planning dan pengambilan keputusan, pengoraginsasian/organizing, kepemimpinan/leading, pengendalian atau pengawasan/controlling.

Henry Fayol menyebutkan fungsi manajemen adalah perencanaan/planning, pengorganisasian/organizing, pemberian perintah/ commanding, koordinasi/coordinating dan pengawasan/controlling.

Luther Gullick menyebut fungsi manajemen sebagai berikut perencanaan/ planning, pengorganisasian/organizing, penyusunan personalia/Staffing, pengarahan/directing, koordinasi/coordinatingi, pelaporan/reporting dan pengawasan/controlling.

James Stoner mengatakan fungsi manajemennya adalah perencanaan/planning, pengorganisasian/organizing, kepemimpinan/leading dan pengawasan/controlling.

Fungsi Manajemen, Contoh dan Penjelasannya Menurut Para Ahli_
image source: exed.polytechnique.edu
baca juga
Koontz & O’donnel merumuskan fungsi manajemennya adalah perencanaan/planning, pengorganisasian/organizing, penyususnan personalia/staffing, pengarahan/directing, dan pengawasan/controlling

George Terry memberikan penjelasan fungsi manajer adalah  perencanaan/planning, pengorganisasian/organizing, penggerakan/actuating  dan pengawasan/controlling. Pendapat-pendapat di atas dapat diringkas dalam bentuk gambar  sebagai berikut :

Fungsi Planning Organizing Leading Staffing Coordinating Directing Actuating controlling
Grifin V V V V
Henry Fayol V V V V
Luther Gulick V V V V V V
James Stoner V V V V
Koontz  O’donnel V V V V V
G Terry V V V V V

Tabel : Fungsi –fungsi Manajer

 Dari pendapat tentang fungsi--fungsi manajemen di atas dapat disimpulkan bahwa fungsi manajer adalah perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, koordinasi, dan pengawasan merupakan fungsi pokok dalam manajemen. Dan fungsi-fungsi tersebut menggambarkan kerangka yang digunakan untuk mrncapai tujuan.organisasi, .selanjutnya penulis akan menjelaskan secara garis besar  fungsi perancanaan, pengoraginsasian, pengarahan, koordinasi dan pengawasan.
    
1.Perencanaan
Perencanaan berarti menetapkan tujuan organisasi dan menentukan bagaimana cara terbaik untuk mencapainya. Pengambilan keputusan merupakan bagian dari proses perncanaan adalah pemilihan suatu tindakan dari sejumlah alternatif. Perencanaan dan pengambilan keputusan membantu mempertahankan efektivitas manajerial, karena menjadi petunjuk aktivitas di masa depan. Artinya  tujuan dan rencana organisasi membantu manajer untuk mengetahui bagaimana mengalokasikan waktu dan sumber daya yang mereka miliki. Melalui perencanaan seorang manajer dapat mengetahui apa yang harus dilakukan dan  bagaimana cara melakukannya dan  menggunakan sumber dayanya.

2. Pengorganisasian

Setelah menetapkan tujuan dan mengembangkan suatu  rencana yang dapat dilaksanakan, maka fungsi manajemen sekanjutnya adalah pengorganisasian.. Pengorganisasian adalah kegiatan menentukan bagaimana aktivitas dan sumber daya dikelompokan. Topik –topik dasar dalam pengorganisasian  perancangan pekerjaan, departemensiasi, hubungan otoritas, rentang kendali. Manajer perlu mempunyai kemampuan untuk mengembangkan tipe organisasi yang sesuai dengan tujuan, rencana yang telah ditetapkan. Perbedaan tujuan akan membutuhkan jenis organisasi yang berbeda pula.

3.Pengarahan

Pengarahan adalah proses menumbuhkan semangat/motivation pada karyawan agar dapat bekerja keras dan giat, serta membimbing mereka dalam melaksanakan rencana untuk mencapai tujuan. Melalui pengarahan menejer dapat menciptakan komitmen, mendorong usaha-usaha yang mendukung tercapainya tujuan. Apabila semangat kerja karyawan menurun manajer segera mempertimbangkan alternatif untuk mendorong kembali semangat kerja mereka dengan memahami faktor penyebab menurunnya semangat kerja tersebut.

Fungsi pengarahan juga untuk membuat atau mendapatkan karyawan melakukan apa yang diinginkan. Fungsi ini melibatkan kualitas, gaya, dan kekuasaan pemimpin serta kegiatan-kegiatan kepemimpinan seperti komunikasi, motivasi dan disiplin.

Kepemimpian adalah serangkaian proses yang dilakukan para anggauta organisasi agar dapat bekerja sama demi kepentingan organisasi tersebut. Seorang manajer akan mempunyai suatu reputasi apabila manajer dapat dipercaya dan jujur, mampu mengambil keputusan dengan tepat, mempunyai kepribadian yang baik dan dapat membaur  dengan manajer puncak lainnya, sehingga dapat bekerja sama sebagai tim yang kohesif dan efektif.

4. Koordinasi

Koordinasi adalah suatu usaha mengintegrasi, menyatukan semua kegiatan-kegiatn yang terdapat dalam organisasi, sehingga pekerjaan dapat dilakukan dengan lancar. Dengan adanya koordinasi maka setiap bagian/unit kerja dalam melakukan pekerjaannya  tidak akan terjadi kesamaan/duplikasi pekerjaan dengan bagian/unit kerja lainnya.
5. Pengendalian atau pengawasan

Semua fungsi tidak akan efektif tanpa ada fungsi pengawasan atau pengendalian.. Pengendalian membantu untuk memastikan efektivitas dan efisiensi yang diperlukan demi keberhasilan organisasi. Pengendalian dimaksudkan untuk melihat apakah kegiatan yang dilaksanakan sudah sesuai dengan rencana sebelumnya. Pengendalian mencakup empat kegiatan yaitu (1) menetukan standar prestasi, (2) mengukur prestasi yang telah dicapai, (3) membandingkan prestasi dengan standar, (4) melakukan perbaikan jika terdapat penyimpangan standar.

Sekian artikel tentang Fungsi Manajemen, Contoh dan Penjelasannya Menurut Para Ahli. Semoga bermanfaat.

Daftar Pustaka

  • Amirullah, haris Budiyono, 2004. Pengantar Manajemen; Graha IlmDaftar Pustakau, Yogyakarta
  • Griffin, Alih bahasa Gina Gania MBA, 2002, Manajemn Jilid I; Erlangga, Jakarta 
  • John R Schermerhorn Jr, 1998, Manajemen, Jilid I dan II, Edisi Bahasa Indonesia, Andi, Yogyakarta 
  • Manullang, 1971, Dasar-Dasar Manajemen, CV Amanlaham, Medan
  • T Hani Handoko. 1986, Manajemen, BPFE, Yogyakarta
Sigmund Freud
Sigmund Freud Stimulate your passion!
Klik gambar berikut untuk mengunduh artikel ini:

Berlangganan via Email