Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menjadi Pembawa Acara atau MC yang Profesional

Seorang pembawa acara profesional dari amerika serikat membeberkan beberapa tips mudah bagaimana cara menjadi seorang MC atau pembawa acara yang profesional sepertinya. Baiklah, langsung saja kita simak apa aja sih yang harus dilakukan.

Antisipasi merupakan sebuah cara yang sangat bekerja dengan baik dalam keadaan apapun. misalnya saja hal-hal yang akan kita lihat. Apabila kita akan menjadi pembawa acara yang profesional, mari coba dan melakukan antisipasi untuk segala kemungkinan yang misalnya akan terjadi, seperti halnya jika kita mesti melakukan tanya jawab dengan orang terkenal, ingatlah bahwa seorang bintang sepak bola keluar dari zona nyamannya. Padahal sebenarnya mereka tidak serileks dan merasa percaya diri di luar lapangan. Bicaralah dengan mereka sebelumnya dan mintalah mereka untuk memberi arahan atau pertanyaan yang dapat mengatur mereka untuk menceritakan anekdot atau cerita favorit mereka.

Penonton datang untuk melihat dan mendengar bintang olahraga dan cerita mereka, bukan MC. Juga – sedikit penting di sini – tanyakan kepada mereka sebelumnya apakah ada topik yang TIDAK ingin mereka bicarakan. Mungkin sedikit skandal baru-baru ini atau spekulasi transfer potensial yang bisa mereka lakukan tanpa disebutkan. Dalam kasus ekstrim, bahkan mungkin tunduk pada hukum sub peradilan. Makanan penjara tidak dianjurkan (tampaknya).

Sekali lagi, kata 'antisipasi' ikut bermain. Lakukan banyak penelitian tentang subjek Anda, lebih dari yang sebenarnya Anda perlukan atau punya waktu untuk itu.

Mencoba berbaur dengan para tamu dan pastikan Anda tampil panggung lalu perlihatkan wajah Anda kepada semua orang yang ada disana tanpa terkecuali, terlebih kepada penitia bahkan sponsor, ajaklah mereka untuk mengobrol. Buat mereka merasa nyaman dan nyaman dan sepenuhnya sadar bahwa Anda bertanggung jawab dan Anda memiliki segalanya di bawah kendali, sebelum apa yang bisa menjadi, bagi mereka, peristiwa yang menegangkan, terutama jika ini adalah pertama kalinya mereka. Periksa apakah mereka membutuhkan sesuatu yang mungkin mereka lupakan sebelumnya.

Datanglah ke acara tersebut lebih awal lalu periksalah semua peralatan suara dan pencahayaan dengan baik sebelum ada tamu yang datang. Pastikan setiap sudut ruangan dapat mendengar apa yang Anda katakan dengan jelas; pastikan mikrofon berkerja dengan benar, kelilingi ruangan tersebut dan coba dengarkan suaranya. cek apakah ada area dimana mikrofon terputus atau tidak berfungsi dengan jelas. Kemudian, jika Anda berkeliaran di sekitar ruangan saat berbicara, Anda tahu untuk menghindari bagian ruangan itu. Yang lebih penting bagi Anda, dapatkah Anda melihat naskah Anda di podium? Tidak? Itu karena biasanya dalam bayangan. Pastikan ada cahaya terang di area script podium. Ada kata itu lagi... 'antisipasi'... dan yang lebih mendasar, periksa dan pastikan ada podium di sana.

Cara Menjadi Pembawa Acara atau MC yang Profesional
image source: indo-asia.com

Satu hal yang biasa dan mudah diabaikan adalah skrip itu sendiri. Anda telah meluangkan waktu dengan cermat untuk menulisnya, menulis ulang, menulis ulang, dan kemudian mengeditnya hingga Anda benar-benar percaya diri dan bangga dengan konten, pesan, dan alurnya. Tetapi jangan lupa untuk selalu menggunakan font yang terlihat lebih besar dan spasi ganda (gunakan setidaknya 1,5 pada opsi 'Spasi' di 'Paragraf'). Dan tentang masalah skrip, cobalah dan pelajari teks sebanyak yang Anda bisa; tidak ada yang lebih mengecewakan daripada pembawa acara yang menatap naskah mereka dengan saksama dan tampaknya mengabaikan audiens mereka. Lihatlah ke atas, angkat kepala Anda, dan lakukan kontak mata dengan anggota audiens Anda. Selalu buat audiens Anda merasa terlibat.

Pastikan bahwa penyelenggara acara mengirimi Anda urutan acara yang pasti sebelum acara (beberapa hari sebelumnya, idealnya – JANGAN PERNAH pada hari Anda tiba di tempat acara) pastikan urutan acaranya DEFINITIVE (dan cocok dengan skrip) juga. Andalah yang menjadi sorotan yang dianggap penonton sebagai 'bertanggung jawab' dan tahu apa yang mereka bicarakan. Pergi melalui itu dalam pikiran Anda; periksa semuanya bekerja secara logistik. Ada kata 'antisipasi' lagi. Jika Anda harus mengumpulkan uang untuk undian atau untuk permainan jenis partisipasi penonton, pastikan itu dilakukan sejak awal; cukup awal sehingga ada cukup waktu untuk mengumpulkan uang sebelum acara dimulai. Anda akan terkejut betapa banyak penyelenggara acara meletakkan kereta di depan kuda di atas kastanye tua itu. Dan pada subjek 'mengetahui apa yang Anda bicarakan', periksa pengucapan yang mungkin dicurigai sebelumnya (sekali lagi, 'antisipasi'), dan jika Anda masih tidak yakin (Anda benar-benar harus sampai pada titik ini) sebutkan namanya dengan jelas dan dengan percaya diri. Dan kemudian jaga agar wajah Anda tetap lurus…itu selalu berhasil untuk saya (well, biasanya)!

Dalam pidato pembukaan Anda, sebelum "Selamat malam, selamat datang di ..." Anda harus memeriksa apakah ada 'Yang terhormat.’, ‘Tuan-tuan’, ‘Presiden’, dan selalu periksa apakah sebutan mereka yang biasanya diucapkan orang banyak untuk mereka. Jarang menghibur mereka jika Anda menyebut gelar Resmi mereka salah. Sekali lagi, seperti yang saya katakan sebelumnya, periksa pengucapan nama orang; bahkan nama pendek yang sederhana dapat diucapkan dengan berbagai cara. Dan pastikan Anda selalu menyebutkan Sponsor! Mereka mungkin telah menghabiskan banyak uang untuk mendukung acara tersebut, jadi pastikan mereka ucapkan 'Terima Kasih' dengan tepat sejak awal dan di akhir acara. Buat mereka senang, Anda akan membuat penyelenggara senang. Ingatlah bawah mereka yang membayar, dan akan lebih mudah bagi mereka untuk mendapatkan sponsor untuk acara berikutnya, dan Anda mungkin akan dipesan ulang juga. Tanyakan kepada penyelenggara apakah ada pejabat atau oramg terkenal di antara hadirin yang mungkin perlu diperkenalkan secara individu selama pidato pembukaan Anda. Dan periksa apakah orang-orang ini benar-benar ingin diperkenalkan. Terkadang mereka mungkin ingin tetap berada di luar radar dan penyamaran untuk sekadar menikmati diri mereka sendiri di tingkat yang lebih informal.

Anda seharusnya sudah mengetahui dengan baik sebelum acara siapa yang perlu Anda perkenalkan dan dalam urutan apa untuk pidato mereka. Pastikan setiap pembicara mengetahui alokasi waktu mereka terutama politisi. Jika mereka melewati waktu yang ditentukan, MC harus diam-diam berdiri di posisi yang jelas, sehingga mereka tahu bahwa Anda sadar bahwa mereka terlalu banyak berlari. Anggota parlemen dan Politisi terkenal karena melebih-lebihkan waktu yang diberikan. Jelaskan dengan tegas dan sopan sebelum acara dimulai, bahwa ada beberapa pembicara dan semuanya harus sesuai dengan jadwal waktu yang spesifik dan dipantau secara ketat. Tanyakan juga kepada setiap pembicara sebelum acara apakah ada sesuatu yang spesifik yang ingin mereka tambahkan ke dalam pendahuluan mereka, jadi mereka dapat memahaminya dengan ucapan pembuka mereka.

Pastikan bahwa panggung mudah diakses oleh semua pembicara Anda. Sebuah langkah kecil ke atas platform biasanya disediakan, tetapi ada baiknya memeriksa apakah ada orang yang mungkin datang untuk menerima penghargaan, menggunakan kursi roda atau cacat. Hindari rasa malu dan dengan mengantisipasi. Selalu membantu seorang wanita naik ke atas panggung. Rok panjang dan sepatu hak tinggi tidak kondusif untuk menaiki tangga.

Setelah mempertimbangkan semua itu, pada saat Anda mengatakan "Selamat malam ..." semua kerja keras telah dilakukan. Dalam istilah sepak bola, jika Anda berlatih dan mempersiapkan diri dengan baik selama seminggu, maka pertandingan di akhir pekan harus berjalan dengan baik. Sama halnya dengan acara, hanya saja tidak ada sedikit lumpur dan memar. Oh iya, dan gaji yang jauh lebih kecil.

Yang terpenting adalah nikmati diri sendiri. Jika Anda melakukannya, penonton juga akan melakukannya. Setelah beberapa saat, semuanya menjadi kebiasaan.

Posting Komentar untuk "Cara Menjadi Pembawa Acara atau MC yang Profesional"