Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Bidang Psikologi dalam Aplikasi Psikologi Kepribadian

10 Bidang Psikologi dalam Aplikasi Psikologi KepribadianSebagai sebuah ilmu yang bermanfaat, Psikologi Kepribadian harus dapat diaplikasikan dalam setiap bidang kehidupan. Masing-masing teori dalam teori psikologi kepribadian memiliki nilai aplikasi yang berbeda, karena ada teori yang dapat diaplikasikan pada bidang industri saja, pada bidang klinis saja, pada bidang pendidikan saja, atau ada teori tertentu yang dapat diaplikasikan pada semua bidang. Nilai aplikasi yang berbeda inilah yang dapat menjadi salah satu kriteria dalam melihat kualitas sebuah teori kepribadian.

10 Bidang Psikologi dalam Aplikasi Psikologi Kepribadian 1_
image source: www.productbookshelf.com
baca juga: Pengertian dan Teori Kepribadian Menurut Para Ahli

Psikologi Kepribadian dapat diaplikasikan pada 10 bidang psikologi yang lain, yaitu :

1. Psikologi Industri. Psikologi kepribadian membantu dalam seleksi dan klasifikasi karyawan. Aplikasi dilakukan dengan menggunakan paradigma trait untuk mengukur perbedaan individu dalam minat jabatan, sifat, sikap yang terkait dengan bidang pekerjaan yang diinginkan.

2. Psikologi Organisasi. Psikologi kepribadian berusaha memperoleh keseimbangan antara keefektifan organisasi dengan kepuasan anggotanya, membantu pemecahan masalah anggota dan memotivasi kelompok. Umumnya, aplikasi ini dilakukan dengan menggunakan paradigma kognitif.

3. Psikologi Permesinan. Aplikasi psikologi kepribadian adalah memilih, melatih, dan meningkatkan kemampuan manusia, dalam penggunaan teknologi permesinan. Tujuannya adalah mengoptimalkan kinerja karyawan dan keuntungan perusahaan.

4. Psikologi Lingkungan. Psikologi kepribadian membantu mengukur dan memprediksi dampak lingkungan terhadap tingkah laku.

5. Psikologi Konsumen. Psikologi kepribadian membantu promosi atau periklanan untuk memahami kebutuhan konsumen dan pola pengambilan keputusan konsumen dalam membeli suatu produk.

6. Psikologi Klinis. Psikologi kepribadian membantu pemahaman dan penemuan tingkah laku yang tidak dikehendaki dan membantu perbaikan tingkah laku dengan penanganan tertentu.

7. Psikologi Konseling. Psikologi kepribadian membantu para konselor dalam menangani gangguan yang relatif ringan, seperti pemilihan jurusan, karir, masa depan, hambatan penyesuaian diri, pekerjaan, perkawinan, pensiun, atau kondisi fisik tertentu.

8. Psikologi Pendidikan. Psikologi kepribadian membantu mengembangkan kepribadian guru, mengenali kepribadian anak didik, melakukan penyesuaian antara kebutuhan sekolah dengan tuntutan masyarakat

9. Psikologi Sosial atau Komunitas. Psikologi kepribadian berusaha mengantisipasi atau mencegah kemungkinan terjadinya gangguan psikologis pada anggota masyarakat dengan melakukan intervensi terhadap masyarakat, seperti penyuluhan mengenai bahaya narkoba dan seks bebas, dan lain-lain.

10. Psikologi Kesehatan. Psikologi kepribadian membantu meningkatkan motivasi sehat dan semangat hidup orang yang sakit, serta membantu rumah sakit dalam menangani pasiennya.


Posting Komentar untuk "10 Bidang Psikologi dalam Aplikasi Psikologi Kepribadian"

Klik gambar berikut untuk mengunduh artikel ini:

Berlangganan via Email