Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memotivasi Diri Dalam Karir, Hidup, dan Bisnis

Cara Memotivasi Diri Dalam Karir, Hidup, dan Bisnis - Dalam karir, hidup dan bisnis, kita memang seringkali dihadapkan pada berbagai situasi atau keadaan yang tidak sesuai dengan yang kita harapkan.Dalam dunia pekerjaan, mungkin merasa tidak ada perubahan karier setelah sekian tahun lamanya, mungkin merasa kurang berkembang, mungkin merasa tidak ada perhatian perusahaan terhadap pengembangan diri, misalnya. Mungkin masalah-masalah “office politic” dengan rekan kantor atau dengan atasan, mungkin lingkungan kerja yang tidak menyenangkan, atau masalah pilihan pekerjaan yang tidak sesuai dengan yang diharapkan,dan lain sebagainya.

Cara Memotivasi Diri Dalam Karir, Hidup, dan Bisnis_
image source: www.richgrof.com
baca juga: 8 Tips Ampuh Membangun Motivasi Diri Sendiri

Situasi dan keadaan seperti ini kalau dibiarkan terus menerus, akhirnya dapat melemahkan semangat kita.Kalau hal itu dibiarkan berlarut-larut, dapat menurunkan motivasi kita. Lama kelamaan dapat menjadi bumerang yang akhirnya akan merugikan masa depan karier dan kehidupan kita sendiri.

Lantas bagaimana mengatasinya ?nIni adalah pertanyaan banyak orang.Karenanya diperlukan kemampuan diri kita untuk memotivasi diri. Berikut ini beberapa tips yang perlu diperhatikan agar dapat memotivasi diri dalam karier.

1. Selalu Bersikap Positif

Membudayakan sikap positif dapat kita mulai dengan selalu memandang sisi positif setiap apapun keadaan yang datang. Sesungguhnya setiap keadaan yang datang itu tidak berarti apapun, sampai kemudian kita sendiri yang akan memberinya arti. Apakah akan kita arahkan ke negatif atau kita arahkan ke sisi positif. Lebih baik kita selalu berusaha mengarahkannya ke sisi positif, dengan memandang sesuatu selalu ada hikmah dibalik setiap keadaan tersebut. Memandang setiap keadaan dengan sisi positif akan dapat menjaga suasana hati kita menjadi selalu positif dan ujungnya motivasi kita tetap tinggi.

Kalau mungkin muncul pikiran negatif, berusahalah segera mengenyahkan pikiran negatif yang terlintas di dalam benak kita, agar kita senantiasa melihat sisi positif atau manfaat dibalik situasi yang sedang kita hadapi. Memelihara pikiran negatif itu hanya akan menjadi beban bagi langkah-langkah kita kedepan dan pasti menurunkan semangat atau motivasi diri kita.

2. Bersyukurlah Dengan Yang Diperoleh

Setiap orang sudah memiliki bagiannya masing-masing sesuai dengan peran yang dimainkannya. Mungkin Anda tidak merasa memiliki jabatan yang penting, atau mungkin karier anda kurang berkembang misalnya, tetaplah berusaha mensyukurinya.Atau mungkin anda merasa tidak memperoleh pekerjaan yang tepat, atau lingkungan pekerjaan yang kurang menyenangkan, misalnya, tetaplah bersyukur.Tetaplah meyakini bahwa sekecil apapun pekerjaan yang menjadi tanggungjawab anda, pastinya dapat memberikan kontribusi yang besar bagi perusahaan. Kita harus menyadari bahwa masih banyak orang lain yang mungkin kesulitan mendapatkan pekerjaan atau mendapatkan pekerjaan yang lebih tidak menguntungkan , maka syukurilah apa yang anda peroleh.

Berusahalah tetap fokus pada karier Anda dan menjalankan tanggungjawab dengan serius. Dengan bersyukur akan membangkitkan aura positif dalam diri kita yang akan berpengaruh pada semangat dan motivasi diri kita.

3. Buatlah Target Karier Yang Jelas

Berusahalah menyusun target karier yang ingin anda capai dalam satu tahun, dua tahun atau dalam lima tahun mendatang. Tulislah secara jelas dan jernih apa yang ingin Anda capai dalam karier Anda. Kenali apa yang menjadi keinginan kuat dalam hati Anda. Kemudian susunlah rencana-rencana dan langkah-langkah untuk mencapainya.

Memiliki target karier atau tujuan karier sangat penting dalam membangkitkan semangat dan motivasi dalam diri kita. Adanya harapan yang ingin dicapai dapat menjadi dorongan kuat yang muncul dari dalam hati. Dengan adanya target yang jelas, mungkin anda akan menyadari bahwa apa yang anda lakukan saat ini sesungguhnya menjadi pijakan atau batu loncatan bagi tujuan target karir Anda tersebut. Dengan memiliki target karier yang jelas dapat menjadi semacam pecutan untuk selalu bersemangat dalam usaha meraih tujuan target karier anda.

4. Berusahalah Menjadi Subjek Bukan Objek

Salah satu yang dapat memotivasi diri kita adalah berusaha menempatkan diri kita dalam kehidupan sehari-hari dengan menjadi subjek bukan sekedar menjadi objek.Artinya, kita harus terbiasa bersikap proaktif dan kreatif untuk selalu mengembangkan diri dan menciptakan karya baru yang bernilai jual tinggi. Ini memerlukan kesadaran untuk selalu meningkatkan kualitas diri kita melalui membaca, mengikuti milis yang bermanfaat, mengikuti seminar, training dan lain sebagainya. Intinya berusahalah senantiasa meningkatkan ilmu pengetahuan dan keterampilan, membaca buku dan belajar dari orang-orang yang sudah berpengalaman dan lain sebagainya.

5. Usaha Dengan Cerdas

Manusia hidup tidak bisa dilepaskan dari ikhtiar atau usaha.Artinya melakukan usaha dengan cara-cara yang cerdas dan kreatif.Selain tetap bersyukur dan bersabar dengan keadaan yang diterima saat ini, bukan berarti kemudian hanya pasrah menerima keadaan yang datang begitu saja. Kita harus selalu melakukan ikhtiar lahiriah melalui usaha yang cerdas dan kreatif untuk meraih apa yang menjadi cita-cita hidup kita. Hidupkan selalu motivasi dalam diri kita dengan melakukan usaha-usaha yang cerdas dan kreatif.

6. Kembangkan Sikap Optimis

Sikap optimis dapat lahir dari adanya keyakinan dari dalam diri kita sendiri. Yakin bahwa kita memiliki kemampuan yang luar biasa, yakin bahwa kita dapat mengatasi setiap masalah yang datang dan yakin akan masa depan yang lebih baik. Adanya keyakinan yang tinggi ini tidak bisa dilepasakan dengan keyakinan bahwa Allah adalah penolong terbaik. Keyakinan bahwa Allah yang menjamin masa depan kehidupan, sehingga melahirkan sikap optimis terhadap masa depan kita. Sikap optimis ini akan mendorong tumbuhnya semangat dan motivasi terus berkembang dalam diri kita.

Sekian artikel tentang Cara Memotivasi Diri Dalam Karir, Hidup, dan Bisnis.

Daftar Pustaka
  1. Kanna, Tanun. Billions Entrepreneurs. PT. Elek Media Komputindo, Jakarta
  2. Gwee, James. Positive Business Idea, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Posting Komentar untuk "Cara Memotivasi Diri Dalam Karir, Hidup, dan Bisnis"