Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis-Jenis Skala Pengukuran dan Karakteristik Skala + Contoh

Jenis-Jenis Skala Pengukuran dan Karakteristik Skala + Contoh - Pembagian skala pengukuran ke dalam beberapa jenis ini dimaksudkan untuk mengklasifikasi variabel yang akan diukur supaya tidak terjadi kesalahan dalam menentukan analisis data dan langkah penelitian selanjutnya.

Ada empat jenis skala pengukuran, yaitu:

1. Skala Nominal

Skala Nominal adalah skala yang disusun menurut kategorinya atau fungsi bilangan hanya sebagai simbol untuk membedakan sebuah karakteristik dengan karakteristik lainnya. Ciri-ciri skala nominal adalah :
  • Angka yang tertera hanya bentuk label/kategorisasi
  • Tidak dapat dilakukan operasi matematika hitung
  • Tidak memiliki nilai nol yang mutlak atau absolut
  • Tidak memiliki urutan atau ranking

Contoh skala nominal diantaranya adalah suku bangsa, agama, jenis kelamin, jenis pekerjaan, dll. Data tersebut dikategorikan dalam bentuk angka, misalnya PNS diberi angka 1 dan Pegawai Swasta diberi angka 2.

Jenis-Jenis Skala Pengukuran dan Karakteristik Skala + Contoh_
image source: www.medsupplier.com
baca juga: Pengertian Statistik, Komponen Utama, Fungsi, dan Kajian Statistik

2. Skala Ordinal

Skala ordinal adalah skala yang didasarkan pada ranking diurutkan dari jenjang yang lebih tinggi sampai jenjang terendah ataupun sebaliknya.

Contoh skala ordinal adalah mengukur tingkat prestasi kerja, kepangkatan militer, mengukur prestasi kejuaraan, status sosial. Data tersebut tidak memiliki jarak yang pasti dalam pengkategorisasiannya, hanya berupa jenjang yang diurutkan.

3. Skala Interval

Skala interval adalah skala yang menunjukkan jarak anatara satu dengan yang lain dan memiliki bobot yang sama.

Contoh skala interval adalah temperatur dan suhu, skor IQ, kelompok skor ujian. Data dalam contoh skala ordinal memiliki jarak yang pasti dalam pengkategorisasiannya dan memiliki bobot atau nilai yang sama.

4. Skala Ratio

Skala ratio adalah skala pengukuran yang memiliki nilai nol mutlak dan mempunyai jarak yang sama.

Contoh skala ratio diantaranya adalah berat badan, tinggi badan, jarak, timbangan berat. Data tersebut memiliki nilai nol yang mutlak dan bisa dilakukan operasi hitung atasnya. Nol mutlak dalam artian apabila berat badan adalah nol, maka seseorang tidak memiliki berat badan.


1 komentar untuk "Jenis-Jenis Skala Pengukuran dan Karakteristik Skala + Contoh"

Klik gambar berikut untuk mengunduh artikel ini:

Berlangganan via Email