Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pelaksanaan Tes DISC, Administrasi Tes, dan Skoring Hasil

Pelaksanaan Tes DISC, Administrasi Tes, dan Skoring Hasil - Setelah sebelumnya kami membahas artikel tentang Pengertian Tes DISC, Sejarah, Sistem, dan Manfaat Tes DISC, kali ini kami akan membahas mengenai skoring, interprestasi, dan mengkomunikasikan tes disc.

Form DISC dibagi menjadi 2 tipe yaitu :

1. Form tipe A
Berisikan 24 nomor soal yang dibagi dalam kotak-kotak dengan 4 kalimat pendek termuat dalam setiap kotaknya.

A. Instruksi
Mulailah dengan memilih “setting” yang akan Anda pilih sebagai respon Anda, misalnya pilih “rumah“, “pekerjaan”, “sosial”. Setiap kotak dibawah ini memuat 4 kalimat pendek. Baca dengan teliti setiap kalimat dalam kotak tersebut. Kemudian sesuai setting yang Anda pilih, lingkarilah. Disamping kalimat yang PALING tepat mencerminkan diri Anda dalam setting tersebut. Kemudian lingkarilah disamping kalimat yang KURANG menggambarkan diri anda dalam setting tersebut. Masing masing kotak, pilihlah satu respon yang PALING dan KURANG.

B. Skoring
  • Gunakan transparansi kunci jawaban yang telah disediakan.
  • Jumlahkan tanda yang telah dilingkari pada respon P pada kolom dibaliknya yang bertuliskan MOST sesuai dengan masing-masing jawaban.
  • Jumlahkan tanda yang telah dilingkari pada respon K pada kolom dibaliknya bertuliskan LEAST, sesuai dengan masing masing jawaban.
  • Hitung selisihnya (kurangi jumlah MOST dan LEAST) tuliskan di kolom CHANGE lalu buat grafiknya.
Pelaksanaan Tes DISC, Administrasi Tes, dan Skoring Hasil_
image source: www.kubassek.com

C. Arti grafik dalam DISC
  • Grafik 1 merefleksikan “MOST”, dikenal dengan grafik M. Biasanya kita berpikir lebih mudah tentang diri kita dalam “MOST”. Kita tidak mengatakan “Saya kurang suka memberi”, tetapi “Saya adalah orang yang sangat hati-hati dengan uang saya”. Jadi, gambaran yang terlihat dalam “MOST” memperlihatkan bagaimana kita menginginkan sebuah topeng untuk menjadi seseorang yang sukses.
  • Grafik 2 adalah gambaran mengenai “LEAST” dan dikenal dengan grafik L. Ini mempresentasikan sejarah perilaku kita karena bila kita berbicara dalam “LEAST” ini, biasanya didasarkan pada pengalaman masa lalu. Contohnya: “Saya tahu saya bukan seseorang yang murah hati”. Hal ini disebut dengan reaksi krisis grafik yang dapat mendeskripsikan diri kita yang sebenarnya.
  • Grafik 3 adalah perhitungan total “MOST“ dan pengurangan “LEAST”, Grafik ini adalah grafik yang paling penting diantaranya kira kira 70% dari informasi total tentang diri kita berasal dari profil ini. Grafik ini disebut dengan self image, dan paling penting karena didalamnya berisi kesadaran “MOST dan LEAST“. 

2. Form tipe B

A.) Instruksi
Setiap nomor ada 4 kata yang berbeda. Pilihlah satu kata yang paling menggambarkan diri Anda dengan memberikan tanda silang ( X ) di depan kata yang Anda pilih tersebut.

B. Skoring
  • Jumlahkan tanda silang setiap kolom pada nomor 1 sampai dengan 20, di kolom bawah yang bertuliskan “STRENGHT”, dan nomor 21 sampai dengan 40 pada kolom di bawah yang bertuliskan “WEAKNESS”.
  • Isikan di bawah kolom DISC kemudian jumlahkan dan pindahkan ke kolom “TOTAL”.
  • Tandai skor yang paling tinggi (skor diatas 10).

Contoh Soal DISC

Berikut adalah contoh soal tes DISC :

Pelaksanaan Tes DISC, Administrasi Tes, dan Skoring Hasil 2_


Posting Komentar untuk "Pelaksanaan Tes DISC, Administrasi Tes, dan Skoring Hasil"

Klik gambar berikut untuk mengunduh artikel ini:

Berlangganan via Email