Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah, Perkembangan, dan Administrasi Tes WISC

Sejarah, Perkembangan, dan Administrasi Tes WISC - WISC (Wechsler Intelligence Scale for Children) mengalami revisi terakhir pada tahun 1974 bertujuan untuk mengukur inteligensi anak-anak usia 6 tahun sampai dengan 15 tahun. WISC atau WISC-R terdiri dari 12 subtes yang terbagi menjadi dua bagian yaitu Verbal dan Performance. Sub tes dalam skala verbal adalah information, comprehension, arithmetic, similarities, vocabulary dan digit span. Sedangkan sub tes dalam skala performance adalah picture completion, picture arrangement, block design, object assembly, coding dan mazes. Sub tes digit span dan mazes hanya digunakan sebagai persediaan apabila diperlukan penggantian tes.

David Wechsler memperkenalkan versi pertama tes inteligensi yang dirancang khusus untuk digunakan bagi orang dewasa. Terbit pada tahun 1939 dan dinamai Wechsler-Bellevue Intelligence Scale (WBIS), disebut juga skala W-B.

Pada tahun 1949 Wechsler menerbitkan pula skala inteligensi untuk digunakan pada anak-anak yang dikembangkan berdasar isi skala W-B. Skala ini diberi nama Wechsler Intelligence Scale for Children (WISC). Isinya terdiri dari dua sub bagian Verbal (V) dan sub bagian Performance (P).

Pada tahun 1974 suatu revisi terhadap tes WISC dilakukan kembali dengan nama WISC-R (R adalah revised). Di tahun 1955, Wechsler menyusun sakala lain untuk orang dewasa dengan memperluas isi tes WISC. Skala ini bernama Wechsler Adult Intelligence Scale (WAIS). Revisi terhadap WAIS telah dilakukan dan diterbitkan pada tahun 1981 dengan nama WAIS-R.


Sejarah, Perkembangan, dan Administrasi Tes WISC_
Image Source :  www.sme.pmmc.com.br

The Wechsler Inteligence Scale for Children-Revised (WISC-R)

Skala Wechsler pertama terbit tahun 1939. Ada tiga macam skala Wechsler:
  1. WISC (Wechsler Intelligence Scale for Children) di tahun 1949. Banyak soal diambil langsung dari tes orang dewasa. WISC third edition untuk usia 6-16 tahun 11 bulan.
  2. WAIS (Wechsler Adult Intelligence Scale) di tahun 1955. Untuk usia 16-74 tahun. 
  3. WPPSI (“Wechsler Prerschool and Primary Scale” of Intelligence-Revised) tahun 1989. Tes ini untuk rentang usia 3-7 tahun 3 bulan. Masing-masing skala terdiri dari minimum lima subtes dan maksimum tujuh subtes.

Revisi skala WISC yang dinamai WISC-R diterbitkan tahun 1974 dan dimaksudkan untuk mengukur inteligensi anak-anak usia 6 sampai dengan 16 tahun. WISC-R terdiri atas 12 subtes yang dua diantaranya digunakan hanya sebagai persediaan apabila diperlukan penggantian subtes.

Kekurangan skala Wechsler : kurangnya pendasaran teoritis yang menyulitkan penemuan basis interpretasi yang koheren. Selain itu juga komposisi skala-skala ini tampak menganggap bahwa domain kemampuan yang dipilih oleh subtesnya dalam semua tingkat umur sama.

Skala Verbal : 
  • Information (Informasi) 
  • Comprehension (Pemahaman) 
  • Arithmetic (Hitungan) 
  • Similarities (Kesamaan) 
  • Vocabulary (Kosakata) 
  • Digit Span (Rentang Angka) 

Skala Performansi :
  • Picture Completion (Kelengkapan Gambar) 
  • Picture Arrangement (Susunan Gambar) 
  • Block Design (Rancangan Balok) 
  • Object Assembly (Perakitan Objek) 
  • Coding (Sandi) 
  • Mazes (Taman Sesat)

Pemberian skor pada subtes WISC-R didasarkan atas kebenaran jawaban dan waktu yang diperlukan oleh subjek dalam memberikan jawaban yang benar tersebut. Skor tersebut kemudian diterjemahkan ke dalam bentuk angka standar melalui table norma sehingga akhirnya diperoleh satu angka IQ-deviasi untuk skala verbal, satu angka IQ-deviasi untuk keseluruhan skala.

Administrasi Tes WISC

Persiapan Sebelum melakukan tes


Dalam pelaksanaan praktikum, mahasiswa perlu memastikan kelengkapan alat yang akan menunjang kegiatan praktikum, alat-alat yang harus dipersiapkan adalah :
  1. WISC box
  2. Lembar jawaban
  3. Stopwatch
  4. Alat tulis
Sama halnya dengan pelaksanaan tes binet, dalam tes WISC juga tester perlu melakukan rapport secara intens sebelum melakukan pengetesan karena bagaimanapun menjaga mood dan motivasi anak lebih sulit dibandingkan dengan remaja atau dewasa. Pelaksanaan tes juga tidak dibatasi oleh waktu, hanya ada beberapa persoalan saja yang menggunakan batasan waktu.

Tahapan yang harus dilakukan :
  1. Menghitung Usia Norma WISC adalah berdasarkan usia testee sehingga tester harus mengetahui usia testee saat di tes. 
  2. Melakukan pengetesan. Dalam buku manual WISC terdapat panduan secara detail apa yang perlu diucapkan oleh tester ketika melaksanakan tes. Tester harus mengikuti prosedur tersebut dengan baik. Selain itu di dalam manual tersebut juga terdapat petunjuk terkait soal nomor berapa yang harus diberikan kepada testee, soal mana yang tidak perlu diberikan serta kapan tester harus berhenti memberikan pertanyaan dalam setiap sub test, karena memang dalam WISC, tidak semua soal perlu diberikan kepada testee.
  3. Melakukan scoring Buku manual WISC juga memberikan informasi kepada tester nilai yang bisa diberikan dalam setiap jawaban testee (terdapat kunci jawaban). Setelah semua jawaban diskoring dan ditotal pe rsub tes maka nilai masing-masing sub test ini menjadi nilai di raw score. Raw score ini perlu dijadikan Scale Score berdasarkan norma sesuai dengan usia testee.
  4. Menghitung IQ, IQ yang diperoleh di tes WISC ini ada tiga yaitu IQ Verbal, IQ Performance dan IQ Lengkap. IQ Verbal didapatkan dari penyesuaian antara jumlah angka skala verbal dengan norma verbal sesuai dengan usia testee. IQ Performance di dapatkan dari penyeusian antara jumlah angka skala performance dengan norma performance sesuai usia testee. Sedangkan IQ Lengkap didapatkan dari penyesuaian antara jumlah angka skala verbal dan angka skala performance dengan norma skal lengkap.

Contoh Lembar skoring WISC

Nama : XX                              Tgl. Lahir :
Jenis Kelamin : Laki-laki        Umur : 15 th 0 bulan
Pekerjaan : -                            Tester :
Pendidikan : SLTP                  Tanggal tes :

Sejarah, Perkembangan, dan Administrasi Tes WISC 1_

Original IQ nya adalah : 5+7+10 X 100 = 73 > 3

Lembar Latihan Mahasiswa.
NAMA : A
TGL LAHIR : 1 JANUARI 2000
TGL TES : 3 DESEMBER 2019

Sejarah, Perkembangan, dan Administrasi Tes WISC 2_

NAMA : B
TGL LAHIR : 1 NOVEMBER 1997
TGL TES : 1 JANUARI 2016

Sejarah, Perkembangan, dan Administrasi Tes WISC 3_

Petunjuk Umum Pelaksanaan Tes

Secara garis besar tata cara pelaksanaan tes WISC tidak jauh berbeda dengan tata cara pelaksanaan tes WBIS, hanya saja yang menjadi perbedaan mendasar adalah testee yang akan dihadapi oleh tester adalah ANAK-ANAK yang berusia antara 5 sampai 15 tahun. Sehingga sangat diperlukan kesabaran dan ketelatenan dalam menyajikan setiap subtes persoalan.

SUBTES-SUBTES PERSOALAN DALAM WISC

Materi tes WISC terbagi menjadi 11 subtes persoalan. Dimana 6 subtes persoalan (subtes 1-6) adalah bentuk verbal, sedangkan subtes sisanya (subtes 7-11) adalah bentuk performance.

VERBAL
  1. INFORMASI UMUM Jumlah Soal 30 Nilai tiap-tiap soal diberi nilai 1 atau 0
  2. PEMAHAMAN UMUM Jumlah soal 14 Nilai tiap soal diberi nilai 2, 1, atau 0
  3. BERHITUNG soal16
  4. PERSAMAAN Jumlah soal 4 Nilai 1 buat tiap-tiap soal atau 0 Bagi testee yang berusia 8 tahun atau lebih tua yang diperkirakan tidak mengalami keterbelakangan mental Jumlah soal 12 Nilai nilai 2, 1 atau 0 untuk tiap-tiap soal
  5. PERBENDAHARAAN KATA Jumlah soal 4 Nilai tiap-tiap kata dinilai 2, 1 atau 0 kecuali kata-kata dari nomor 1-5 dinilai 2 atau 0
  6. RENTANG ANGKA (DIGIT SPAN) ANGKA MAJU (DIGIT FORWARD) Jumlah rangkaian 9 ANGKA MUNDUR (DIGIT BACK WARD) Jumlah rangkaian 8

    PERFORMANCE
  7. MELENGKAPI GAMBAR (PICTURE COMPLETION) Jumlah gambar 20 Nilai tiap-tiap gambar yang dijawab benar dinilai 1 MENGATUR GAMBAR (PICTURE ARRANGEMENT) Bagi testee yang berusia 8 tahun atau lebih tua yang diperkirakan tidak mengalami keterbelakangan mental. Jumlah gambar 7 Nilai lihat table untuk tiap menitnya dan kelengkapan urutan gambar
  8. RANCANGAN BALOK Bagi testee berusia 8 tahun atau yang lebih tua dan diperkirakan tidak mengalami gangguan mental Jumlah gambar 7-10.
  9. MERAKIT OBJEK (OBJECT ASSEMBLY) Jumlah rakitan 5 Nilai lihat pada tabel buku petunjuk WISC


Posting Komentar untuk "Sejarah, Perkembangan, dan Administrasi Tes WISC"

Klik gambar berikut untuk mengunduh artikel ini:

Berlangganan via Email