Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PENGERTIAN dan FUNGSI KEPEMIMPINAN Menurut Para Ahli

PENGERTIAN dan FUNGSI KEPEMIMPINAN Menurut Para Ahli - Kepemimpinan adalah proses untuk memengaruhi orang lain untuk memahami dan setuju dengan apa yang perlu dilakukan dan bagaimana tugas itu dilakukan secara efektif, serta proses untuk memfasilitasi upaya individu dan kolektif untuk mencapai tujuan bersama.

“Leadership is the process of influencing others to understand and agree about what meeds to be done and how to do it, and the process of facilitating individual and colletive efforts to accomplish shared objectives.” (Yukl, 2010)"

PENGERTIAN dan FUNGSI KEPEMIMPINAN Menurut Para Ahli_
image source: infocampus.co.in

Literatur mengenai kepemimpinan memaparkan cukup banyak definisi kepemimpinan. Berikut ini diuraikan beberapa definisi kepemimpinan menurut pandangan para ahli.

a. “Leadership is the process of influencing others to understand and agree about what needs to be done and how to do it, and the process of facilitating individual and colletive efforts to accomplish shared objectives.” (Yuk, 2010) – Kepemimpinan adalah proses untuk memengaruhi orang lain untuk memahami dan setuju dengan apa yang perlu dilakukan dan bagaimana tugas itu dilakukan secara efektif, serta proses untuk memfasilitasi upaya individu dan kolektif untuk mencapai tujuan bersama.

b. “Leadership is a aprocess of giving purpose (meaningful direction) to collective effort, and causing willing effort to be expended to acheve purpose.” (Jacobs & Jaques, 1990, pg 281) Kepemimpinan adalah proses memberikan tujuan (arahan yang berarti) ke usaha kolektif, yang menyebabkan adanya usaha untuk mencapai tujuan.

c. “Leadership is the ability to step outside the culture... to start evolutionary change processes that are more adaptive.” (Schein, 1992, pg 2) Kepemimpinan adalah kemampuan untuk bertindak di luar budaya... untuk memulai proses perubahan evolusi agar menjadi lebih adaptif.

d. “Leadership is the process of making sense of what people are doing together so that people will understand and be ommitted.” (Drath & Palus, 1994, pp.4) – Kepemimpinan adalah proses untuk membuat orang memahami manfaat bekerja bersama orang lain, sehingga mereka paham dan mau melakukannya.

e. Leadership is “the ability of and individual to influence, motivate, and enable others to contribute toward the effectiveness and success of the organization...” (House et al., 1999, pp 184) – Kepemimpinan adalah kemampuan individu untuk memengaruhi, memotivasi, dan membuat orang lain mampu memberikan kontribusinya demi efektivitas dan keberhasilan organisasi.

Kepemimpinan, jika kita lihat berbagai definisi di atas, bukanlah sekedar membuat orang-orang melakukan sesuatu, namun membuat mereka ingin bahkan harus melakukan sesuatu.Kepemimpinan lebih kepada pembentukan suatu bentuk kepercayaan, hasrat, dan prioritas.Kepemimpinan dibedakan dengan managemen, pengambilan keputusan, dan otoritas. Hal-hal ini adalah penting dan merupakan implikasi dari proses kepemimpinan. Namun kepemimpinan yang akan kita pelajari bukan ditentukan oleh managemen yang kompeten, pengambilan keputusan yang terampil, atau otoritas yang diakui, karena hal-hal tersebut tidak harus melibatkan ‘memenangkan hati dan pikiran orang lain atau pemanfaatan energi dan hasrat’ mereka.

Kepemimpinan merupakan sebuah terminologi yang popular dan mendapatkan tempat dalam berbagai kalangan, baik dalam kalangan akademis, maupun kalangan praktisi dan birokrat. Diketahui bahwa ada ratusan bahkan ribuan penulis dan peneliti menguraikan tentang definisi kepemimpinan. Dari keseluruhan definisi mengenai kepemimpinan, dapat ditarik ‘benang merah’ dan esensi dari kepemimpinan, yaitu:
  • Adanya kemampuan memengaruhi tingkah laku orang lain, apakah bawahan, klien/konsumen, rekan sekerja, atau atasan
  • Adanya pengikut yang dapat dipengaruhi baik oleh ajakan, bujukan, persuasi, sugesti, perintah/instruksi, saran, dan lainnya. 
  • Adanya tujuan atau sasaran yang ingin dicapai

Esensi kepemimpinan ditegaskan oleh Robbins (2006) sebagai proses mengelola makna dimana para pemimpin dipandang sebagai individu-individu yang menetapkan realitas organisasi melalui artikulasi visi.


Posting Komentar untuk "PENGERTIAN dan FUNGSI KEPEMIMPINAN Menurut Para Ahli"

Klik gambar berikut untuk mengunduh artikel ini:

Berlangganan via Email